Kamis 26 Mar 2020 19:33 WIB

Penguatan Ekonomi, Dompet Dhuafa Gandeng Bengkel Rumahan

Dompet Dhuafa gandeng bengkel rumahan mendukung program 1.000 unit bilik disinfektan.

Dompet Dhuafa libatkan industri rumahan untuk membuat bilik disinfektan.
Foto: Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa libatkan industri rumahan untuk membuat bilik disinfektan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Efek gulir wabah virus corona (Covid-19) telah memukul aktivitas ekonomi dan bisnis di banyak negara, tidak terkecuali Indonesia. Pandemi corona (Covid-19) bukan hanya berdampak pada kesehatan, detak perekonomian di dalam negeri pun mulai melemah seiring meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19).

Untuk membantu kestabilan ekonomi para pengusaha bengkel rumahan, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menggandeng pengusaha bengkel rumahan untuk mendukung program 1.000 unit bilik sterilisasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengatasi permasalahan lain yang terimbas akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Baca Juga

“Dampak virus corona (Covid-19) inikan dirasakan langsung oleh mereka yang tidak bergantung pada gaji bulanan. Jadi sebisa mungkin kita berdayakan pengusaha bengkel rumahan supaya tidak mengalami disastronomic (bencana ekonomi). Agar mereka bisa terus mendapatkan penghasilan di tengah lesunya aktivitas perekonomian seperti sekarang,” ujar Shofa Qudus, General Manager (GM) Tim Respons DMC Dompet Dhuafa, Kamis (26/3), dalam siaran persnya.

photo
Dompet Dhuafa libatkan industri rumahan untuk membuat bilik disinfektan. - (Dompet Dhuafa)

Salah satu mitra pengusaha bengkel rumahan, Sadelih pemilik bengkel AA Racing Motor membenarkan hal tersebut. Usaha rumahan yang terletak di Kecamatan Ciputat Timur dan telah ada sejak tahun 2000 itu mengalami sepi produksi semenjak isu virus corona Covid-19 santer terdengar.

 

“Sebelumnya dalam sebulan itu bisa dapat 20-30 juta rupiah. Namun kini hanya berkisar Rp 5 juta untuk sebulan. Dengan penghasilan sebesar itu ya cukup sulit untuk menutupi kebutuhan hidup. Apalagi ada karyawan yang harus digaji. Makanya kami berterima kasih kepada DMC Dompet Dhuafa yang mengajak serta kami dalam proses pembuatan bilik sterilisasi ini,” lanjut Sadelih.

Sadelih dan puluhan usaha bengkel rumahan lain kini resmi menjadi mitra DMC Dompet Dhuafa untuk menghadirkan bilik sterilisasi demi kepentingan umum. Tantangan lain dihadapi, yakni mulai langkanya bahan-bahan untuk membuat bilik. Namun hal tersebut tidak meluluhkan ikhtiar DMC Dompet Dhuafa memutus rantai penyebaran corona (Covid-19).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement