Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wapres: Disiplin Lebih Penting Dari Polemik Soal Lockdown

Kamis 26 Mar 2020 18:23 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita

Wakil Presiden Maruf Amin

Wakil Presiden Maruf Amin

Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA
Pemerintah belum memilih opsi lockdown untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai kedisiplinan masyarakat untuk jaga jarak dan tetap berada di rumah lebih penting daripada mempersoalkan kebijakan lockdown maupun jaga jarak fisik (physical distancing). Ia menegaskan, hingga saat ini pemerintah belum memilih opsi lockdown untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 di Tanah Air.

Ma'ruf menerangkan, pemerintah memilih opsi penerapan physical distancing untuk menghambat penyebaran virus corona. "Karena itu yang kita lakukan sekarang adalah bagaimana menerapkan disiplin masyarakat untuk mematuhi seruan itu," ujar Ma'ruf saat teleconference dengan wartawan, Kamis (26/4).

Baca Juga

Ia pun mengajak semua pihak untuk disiplin terhadap imbauan pemerintah tersebut sebagai upaya memutus penyebaran virus. Bahkan, pemerintah juga melakukan berbagai upaya pendisplinan.

"Melalui pendekatan kesehatan, memberikan edukasi tentang kesehatan, kemudian keamanan juga untuk membubarkan setiap kerumunan yg bisa mengakibatkan itu," ujarnya 

Karena itu, ia menerangkan, hal itu juga berlaku di daerah-daerah. "Untuk yang di daerah-daerah juga tidak ada lockdown," ujar Ma'ruf.

Kendati demikian, Ma'ruf tidak membantah jika ada kebijakan daerah yang melakukan pengawasan ketat di wilayahnya, dengan membatasi aktivitas maupun akses keluar masuk warganya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA