Kamis 26 Mar 2020 16:53 WIB

Jaktim Buka Layanan Rapid Test Covid-19 di Puskesmas

Pelaksanaan rapid test ini ditujukan bagi petugas kesehatan, PDP, dan ODP.

[Ilustras] Petugas medis malakukan rapid test covid-19.
Foto: Paramayuda/ANTARA FOTO
[Ilustras] Petugas medis malakukan rapid test covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fasilitas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah Jakarta Timur mulai melayani masyarakat dengan keluhan seputar Covid-19. Pelaksanaan rapid test ini ditujukan bagi petugas kesehatan, pasien dalam pengawasan (PDP) dengan risiko tinggi, PDP risiko ringan, dan orang dalam pemantauan (ODP).

Salah satunya berada di Puskesmas Jatinegara yang membuka layanan kepada masyarakat dengan keluhan COVID-19. Warga yang datang akan diklasifikasikan berdasarkan potensi penularan COVID-19 apakah pernah kontak erat atau kontak sosial pada kawasan terjangkit.

Baca Juga

"Ada pembagian skala prioritas penanganan berdasarkan kondisinya," kata Kepala Sudin Kesehatan Jaktim Indra Setiawan di Jakarta, Kamis (26/3).

Mekanisme pemeriksaan dilakukan dengan cara mengambil sampel darah, darah dimasukan ke salah satu alat rapid test. Selanjutnya akan terlihat hasilnya apakah positif atau negatif.

"Kalau hasilnya positif, akan ada penanganan lanjutan, salah satunya pengambilan sampel cairan tenggorokan," katanya.

Pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing juga akan dilakukan pengambilan sampel cairan tenggorokan. "Sampel cairan tenggorokan (swab) ini untuk pastikan yang bersangkutan positif corona atau bukan, sebab rapid test sifatnya hanya screening saja," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement