Kamis 26 Mar 2020 13:58 WIB

Bulog Sumbar Klaim Stok Beras Aman Hingga Lebaran

Bulog juga memastikan stok minyak goreng dan terigu cukup hingga Lebaran.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Dwi Murdaningsih
Aktivitas di gudang beras Bulog Sumbar, Kamis (26/3)
Foto: Republika/Febrian Fachri
Aktivitas di gudang beras Bulog Sumbar, Kamis (26/3)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Kepala Bulog Divre Sumatera Barat, Tommy Despalingga mengatakan stok beras di Sumbar aman hingga tiga bulan ke depan. Artinya menurut Tommy, beras di Sumbar tersedia sampai Lebaran Idul Fitri 1441 H nanti.

"Tiga bulan ke depan kita aman. Beras ini kan kita simpan untuk pasokan setiap tiga bulan," kata Tommy di Gudang Bulog Sumbar di Padang, Kamis (26/3).

Baca Juga

Selain beras, Tommy menyebut Bulog juga memastikan stok minyak goreng dan terigu dalam jumlah cukup sampai Idul Fitri. Saat ini stok  yang sedang kurang diakui Tommy adalah gula.

Menurutnya, gula saat ini secara nasional memang sedang kekurangan karena belum memasuki musim panen. Saat ini Bulog Sumbar kata Tommy sedang meminta penambahan. Akhir bulan ini Bulog Sumbar akan mendapat penambahan 1.500 ton ke pusat.

"Gula akhir bulan ini akan masuk," ucap Tommy.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan pihaknya meminta supaya Bulog di tingkat kabupaten dan kota membagi-bagikan stok pangam buat masyarakat miskin yang terdampak goncangam ekonomi akibat virus corona. Menurut Nasrul Abit, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno telah menyurati Pemkab dan Pemko buat membantu pangam untuk masyarakat miskin yang terdampak guncangam ekonomi.

Untuk pembagian pangan kepada masyarakat miskin ini kata Wagub Sumbar harus sesuai dengan data yang ada di Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

"Untuk bantuan ini habiskan dulu stok kabupaten kota. Kalau kurang nanti provinsi bisa bantu," ujar Nasrul Abit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement