Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Produser: Cukup Berat untuk Putuskan Tunda Penayangan Film

Kamis 26 Mar 2020 08:18 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Aktor Gunawan dalam peluncuran trailer film

Aktor Gunawan dalam peluncuran trailer film

Foto: Republika/Santi Sopia
Produser Generasi 90-an: Melankolia sepakat tunda penayangan filmnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyebaran virus corona tipe baru penyebab penyakit Covid-19 telah memengaruhi industri perfilman nasional maupun global. Kebijakan pembatasan jarak fisik saat berinteraksi sosial pun telah membuat bioskop tutup dan penayangan film Generasi 90-an Melankolia tertunda.

"Cukup berat untuk kami memutuskan bahwa penayangan film ini harus mundur, tetapi setelah berdiskusi dengan berbagai pihak, termasuk eksibitor, kami sepakat untuk menunda penayangan film ini hingga suasana kembali stabil dan kondusif ," jelas Angga Sasongko, produser dan CEO dari Visinema Pictures, dalam siaran resmi.

Angga mengatakan, pihaknya mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh para eksibitor untuk membuat calon penonton merasa aman dan tetap nyaman selama menonton film di bioskop. Generasi 90-an: Melankolia diadaptasi dari buku Generasi 90an karya Marchella FP, sosok di balik buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini yang juga diadaptasi Visinema Pictures pada awal tahun 2020.

Sementara itu, Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) telah mengeluarkan imbauan kepada seluruh perusahaan film untuk menghentikan kegiatan produksi untuk sementara waktu demi mencegah penyebaran virus corona. Imbauan yang ditandatangani oleh Ketua Umum PPFI Deddy Mizwar serta Sekretaris Jenderal PPF, Zairin Zain pada Senin (23/3) ini.

"Sebagai upaya pencegahan dan penyebaran wabah virus, dengan ini Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) mengimbau kepada seluruh perusahaan film, khususnya anggota PPFI, agar menghentikan seluruh kegiatan produksi film untuk sementara waktu dan terus mengikuti seluruh kebijakan pemerintah Indonesia dalam memerangi penyebaran virus corona," isi pernyataan yang diterima Antara, Rabu.

"Marilah kita bersama saling bahu membahu, bersatu saling mengingatkan dan saling menguatkan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, melindungi kita semua. Amin," lanjut isi pernyataan tersebut.

Dengan semakin meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia, PPFI berharap agar para rumah produksi dapat menahan diri untuk sementara dari kegiatan pembuatan film hingga kondisi aman.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA