Rabu 25 Mar 2020 14:35 WIB

Warga Tangsel Mandiri Cegah Corona

Warga bergotong royong menyiapkan blower berisikan disinfektan di depan pintu gerbang

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Gita Amanda
Warga Perumahan Pondok Jagung RT 05/02 Corenelia Residence, Serpong, Tangsel gotong royong lakukan disinfektan secara mandiri, Rabu (25/3).
Foto: Republika/Abdurrahman Rabbani
Warga Perumahan Pondok Jagung RT 05/02 Corenelia Residence, Serpong, Tangsel gotong royong lakukan disinfektan secara mandiri, Rabu (25/3).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Warga Perumahan Pondok Jagung RT 05/02 Corenelia Residence, Serpong, Tangsel gotong royong lakukan disinfektan secara swadaya. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus Corona yang memasuki kawasan perumahan.

Sejumlah warga bergotong royong menyiapkan blower berisikan disinfektan di depan pintu gerbang perumahan. Sebanyak dua unit blower ini dioperasikan bagi setiap warga yang memasuki ke area  perumahan.

Baca Juga

Dari pantauan Republika, blower yang terpasang nampak menyemprotkan cairan disinfektan kepada warga yang lewat. Sehingga ketika warga memasuki kawasan perumahan tersebut dalam keadaan steril.

“Ini adalah swadaya warga untuk melindungi lingkunganya dari virus Corona. Dan berlaku bagi siapa saja yang memasuki kawasan perumahan. Wajib melewati blower desinfektan,” ujar Ketua keamanan dan mitigasi bencana RT 05/02 Cornelia Residence, Totok Suryaningtiyas, Rabu (25/3).

Selain itu, sebelum melewati blower disinfektan tersebut, diwajibkan bagi warga untuk mencuci tangan dengan air dan sabun yang telah disediakan di depan pintu masuk. Tidak terkecuali, itu berlaku bagi siapa saja yang masuk.

“Jadi ini untuk semua masyarakat yang lewat perumahan kami, mulai dari warga perumahan, pedagang, pengemudi online sampai dengan tamu warga, harus melewati blower disinfektan,” jelasnya.

photo
Warga Perumahan Pondok Jagung RT 05/02 Corenelia Residence, Serpong, Tangsel gotong royong lakukan disinfektan secara mandiri, Rabu (25/3). - (Republika/Abdurrahman Rabbani)

Pihaknya juga secara mandiri membagikan sejumlah hand sanitizer bagi para penghuni perumahan. Untuk setiap rumah di kawasan itu mendapatkan satu botol hand sanitizer.

“Ibu-ibu rumah tangga membagikan ke rumah-rumah. Masing-masing rumah mendapatkan satu botol hand sanitizer. Jadi sudah ada pencegahan di rumah, sekarang dilakukan pencegahan wilayah,” ucapnya.

Warga perumahan Cornelia Residence yang ditemui, Hariadi Agung mengungkap pencegahan virus corona ini memang harus total. Tidak bisa kita bergantung kepada pemerintah. Oleh sebab itu pihaknya melakukan pencegahan secara swadaya.

Lebih lanjut, menurutnya pencegahan tidak hanya di titi pusat keramaian saja, tetapi juga di lingkungan perumahan. Tujuannya agar bisa lebih efektif menghambat laju virus corona yang mulai merebak.

“Saya berharap pemerintah daerah dapat memberikan bantuan kepada lingkungan perumahan untuk melakukan hal serupa. Sehingga kota Tangerang Selatan dan kawasan lainnya bisa tercegah dari wabah virus corona,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement