Rabu 25 Mar 2020 13:35 WIB

Tiga Klub Liga Inggris Ini Wajib Punya Direktur Olahraga (1)

United dinilai tidak memiliki rencana rekrutmen yang konsisten dan berkelanjutan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
Ekspresi Manajer Pep Guardiola  pada laga derby antara Manchester United melawan Manchester City di Old Trafford, Senin (9/3) dini hari.
Foto: Phil Noble/Reuters
Ekspresi Manajer Pep Guardiola pada laga derby antara Manchester United melawan Manchester City di Old Trafford, Senin (9/3) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Selain memiliki pelatih dengan filosofi hebat dan deretan pemain pekerja keras, suatu klub sepak bola membutuhkan juga dukungan penuh dari seorang direktur olahraga.

Terlihat sepele, namun sosok direktur olahraga dianggap memiliki tugas penting untuk menjembatani komunikasi antara pihak manajemen dan tim soal jual-beli pemain. Utamanya, di era sepak bola modern seperti sekarang ketika lalulintas pemain menjadi bisnis yang menggiurkan.

Beberapa klub secara besar-besaran mendapat manfaat dari memiliki direktur sepak bola seperti Red Bull (RB) Leipzig, Bayern Muenchen, Barcelona, dan di Liga Primer Inggris yakni Liverpool serta Manchester City sebagai contoh utama.

Berikut tiga kesebelasan elite Liga Inggris yang dianggap membutuhkan sosok direktur sepak bola dilansir Sportkeeda, Rabu (25/3) :

1. Manchester United

Salah satu alasan utama di balik kejatuhan Manchester United adalah kurangnya posisi direktur sepak bola. Sebelumnya, klub tidak pernah meminta direktur sepak bola saat itu sebagai manajer, Sir Alex Ferguson, dan kepala eksekutif David Gill memiliki pemahaman yang baik di antara mereka.

Mereka memastikan bahwa klub selalu berada di jalan yang benar. Namun, sejak kepergian kedua sosok dari Theater of the Dream itu, United berada dalam labirin gelap untuk urusan transfer pemain.

Meski sudah menghabiskan hampir 700 juta pounds dalam tujuh tahun terakhir, masih belum ada tanda-tanda peningkatan yang signifikan dari klub berjuluk Setan Merah.

Pemain seperti Angel Di Maria, Radamel Falcao, dan Memphis Depay menandatangani kontrak dengan biaya yang cukup besar tetapi gagal memberikan kontribusi ciamik saat berkostum Setan Merah.

Klub tidak memiliki rencana rekrutmen yang konsisten dan berkelanjutan. Selain itu, perubahan manajerial berturut-turut telah menambah masalah karena mereka harus membangun kembali pada setiap kesempatan.

Selain itu, penanggung jawab saat ini untuk perekrutan pemain yaitu, Ed Woodward, telah berada di bawah pengawasan ketat dalam beberapa musim terakhir.  Alhasil, semua fan United sepakat apabila tim tercinta sudah harus menandatangani direktur sepak bola terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement