Rabu 25 Mar 2020 12:27 WIB

KAI Sumbar Hentikan Operasional di Hari Libur

Penghentian perjalanan di hari libur guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda
Kereta Api Sibinuang.
Foto: zurrahmah
Kereta Api Sibinuang.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II mengurangi beberapa perjalanan Kereta Api (KA) Sibinuang Relasi Padang-Naras di Sabtu, Ahad dan Hari Besar Nasional (HBN).

Kepala Humasda Divre II Sumatera Barat, M Reza Fahlepi  mengatakan pihaknya menghentikan perjalanan KA Sibinuang di hari libur sebagai salah satu antisipasi penyebaran Covid-19. Di sana menurut Reza, pemerintah sudah meminta masyarakat mengurangi mobilitas terkhusus di tempat-tempat rekreasi.

Baca Juga

Reza menyebut terhitung mulai tanggal 25 Maret perjalanan KA Sibinuang dari Stasiun Padang menuju Stasiun Naras di hari Sabtu, Ahad dan Hari Besar Nasional (HBN) mengalami penyesuaian yakni pada keberangkatan KA Sibinuang pukul 07.00 WIB dibatalkan.

"PT KAI Divre II akan berupaya terus melakukan pengaturan agar para pengguna tetap akan memiliki jarak tertentu didalam kereta karena untuk saat ini volume penumpang pada KA Sibinuang tidak sebanyak waktu normal dan jadwal KA yang dibatalkan merupakan jadwal dengan okupansi volume penumpang yang tidak banyak untuk saat ini," kata Reza.

Reza menjelaskan bagi calon penumpang yang sudah melakukan pemesanan tiket KA sesuai jadwal pembatalan KA yang sudah ditentukan, akan dialihkan ke jadwal KA lain jika tetap memutuskan akan berangkat. Bila calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke jadwal lain dan memilih untuk membatalkan perjalanan KA, maka KAI menurut Reza akan berlakukan bea pengembalian penuh sebesar 100 persen secara tunai.

"Pembatalan tiket dapat dilakukan di stasiun keberangkatan atau stasiun lain.

Sebelumnya melalui layanan pelanggan PT KAI Divre II dan juga para kondektur di atas KA telah sudah memberikan informasi langsung kepada calon penumpang yang terdampak pada jadwal KA yang dibatalkan," ucap Reza.

Reza menambahkan kebijakan pengurangan jadwal perjalanan ini akan terus dievaluasi sesuai dengan perkembangan dan situasi di lapangan, seiring upaya pencegahan penyebaran virus corona yang terus dilakukan oleh PT KAI Divre II.

Meskipun terdapat pengurangan jadwal kereta api, KAI lanjut Reza tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang yang membutuhkan transportasi kereta api dengan segala protokol pencegahan virus corona yang telah diterapkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement