Selasa 24 Mar 2020 20:17 WIB

Dompet Dhuafa Pasang Bilik Sterilisasi di Gedung MUI

Membuat 1000 body chamber sterilisasi yang akan disalurkan ke berbagai fasilitas umum

Uji coba bilik sterilisasi (Body Chamber) dilakukan saat Jumat kemarin (20/03) di Gedung Filantropi Dompet Dhuafa, Jakarta, sejumlah tamu Dompet Dhuafa merasakan kenyamanan dengan alat tersebut.
Foto: Dompet Dhuafa
Uji coba bilik sterilisasi (Body Chamber) dilakukan saat Jumat kemarin (20/03) di Gedung Filantropi Dompet Dhuafa, Jakarta, sejumlah tamu Dompet Dhuafa merasakan kenyamanan dengan alat tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dompet Dhuafa bersama Arus Baru Indonesia (ARBI) memasang bilik sterilisasi (disinfection chamber) di Gedung Majelis Ulama Indonesia, Jakarta. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Ketua ARBI Lukmanul Hakim mengajak para ulama, ustadz, tokoh masyarakat dan masyarakat umum untuk memiliki kesadaran dan peduli melindungi diri serta menghindari tersebarnya Covid-19. "Kami siapkan bilik sterilisasi ini untuk mengantisipasi penularan Covid-19," kata Lukman, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (24/3).

Lukman meminta masyarakat tetap berada di rumah mengikuti anjuran pemerintah. Bila terpaksa dan mendesak harus keluar rumah ikuti protokol yang ditetapkan pemerintah dan membersihkan diri dengan disinfektan melalui bilik sterilisasi.

"Ikuti peraturan pemerintah untuk melindungi masyarakat," kata Lukman yang juga staf khusus Wakil Presiden RI.

 

Chief Comnunication Officer (CCO) Dompet Dhuafa, Guntur Subagja, mengatakan DD sangat peduli terhadap antisipasi Covid-19 bagi masyarakat. Selain melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah ibadah, sekolah dan area publik, DD juga memasang bilik sterilisasi di berbagai tempat layanan publik dan area publik. "Kami mengajak masyarakat berpartisipasi untuk menyediakan seribu bilik sterilisasi," kata dia.

Bilik-bilik itu akan dipasang antara lain di bandara, stasiun, terminal, rumah sakit dan sarana publik lainnya. Tim Crisis Center Cegah Tangkal Corona DD, kata dia, melakukan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan di berbagai fasilitas umum hingga pelosok pemukiman baik di Jabodetabek maupun seluruh kota besar se-Indonesia.

"Dompet Dhuafa terus bergerak dengan inovasi-inovasi dalam cekal Corona, yaitu membuat 1000 body chamber sterilisasi yang akan disalurkan ke berbagai fasilitas umum di wilayah Jabodetabek," katanya.

Bilik sterilisasi, kata dia, berfungsi untuk sterilisasi secara keseluruhan badan bagi para masyarakat dalam menggunakan fasilitas umum baik moda transportasi maupun pejalan kaki.

Semua yang memasuki area fasilitas umum, kata dia, wajib memasuki alat tersebut untuk disterilkan dari kuman, bakteri dan virus yang mungkin menempel. Komposisi cairan antiseptik yang digunakan pada bilik, lanjut dia, kandungannya berbeda dengan cairan desinfektan yang disemprotkan ke fasilitas publik.

"Kalau yang ini kandungannya seperti yang digunakan untuk hand sanitizer sehingga dijamin aman untuk publik. Pembuatan bilik sterilisasiini diinisiasi atas inovasi rekan-rekan tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa," katanya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement