Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Ajukan Seribu, Diskes Lampung Hanya Kebagian 20 APD

Selasa 24 Mar 2020 19:25 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Fakhruddin

Ilustrasi bantuan APD.

Ilustrasi bantuan APD.

Foto: ANTARA/zabur karuru
APD yang diterima tersebut juga belum lengkap.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG – Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung hanya menerima bantuan 20 Alat Pelindung Diri (APD) dari Kementrian Kesehatan. Padahal, Diskes Lampung telah mengajukan 1.000 APBD untuk dibagikan ke rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

“Kami sudah mengajukan 1.000 APBD (ke Kementrian Kesehatan), namun tidak semua terealisasi,” kata Kepala Diskes Lampung dr Reihana saat dikonfirmasi wartawan di Bandar Lampung, Selasa (24/3).

Ia mengatakn APD yang diterima tersebut juga belum lengkap. Ada APD dalam bentuk hanya baju saja, sarung tangan saja, masker, dan kaca mata. APD sebanyak 20 tersebut akan dibagikan ke empat rumah sakit di Lampung yang menjadi rujukan pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Keempat rumah sakit rujukan di Lampung yakni RSUD Abdul Moeloek Lampung, RSUD Ahmad Yani, RSUD Bob Bazar Kalianda, dan RSUD Bandar Negara Husada Lampung Tengah.

Dia berharap bantuan APD dapat berlangsung hari-hari ke depan, sesuai dengan permintaan kebutuhan, karena wilayah Lampung sudah terdapat seorang positif Covid-19, dan enam orang PDP, dan ratusan orang dalam pemantauan.

Direktur RSUD Abdul Moeloek Hery Djoko Subandriyo mengatakan, saat ini yang sangat diperlukan tim medis dalam penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) yakni masker. Masker tersebut dapat digunakan perawat setiap hari.

Menurut dia, RSUD Abdul Moeloek telah mendapatkan bantuan 40 APD dari berbagai pihak. Ia mengatakan, bantuan APD yang lebih penting yang masker karena perawat banyak menggunakankan yang dipakai sehari langsung dibuang.

Saat ini, persediaan masker yang ada di RSUD Abdul Moeloek terus menipis, sedangkan kebutuhan masker oleh perawat saja masih sangat kurang, apalagi untuk pasien dan lainnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA