Selasa 24 Mar 2020 14:20 WIB

Bantu Atasi Covid-19, Pengusaha Kumpulkan Dana Rp 500 Miliar

Sumbangan dana Covid-19 ini akan diberikan ke Pemerintah DKI Jakarta.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Rosan P Roeslani. (Antara/Nova Wahyudi)
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Rosan P Roeslani. (Antara/Nova Wahyudi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa perusahaan besar di Tanah Air berencana menyumbangkan dana sebesar Rp 500 miliar untuk mengatasi masah virus corona. Mereka tergabung dalam program 'Pengusaha Peduli NKRI' yang salah satunya diinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani memgatakan, saat ini sudah terkumpul sekitar Rp 300 miliar. Maka tinggal Rp 200 miliar lagi mencapai target.

Baca Juga

"Kita melibatkan hampir semua pengusaha di Indonesia. Sekarang memang masih (libatkan) pengusaha yang besar tapi kita akan gerakkan yang di daerah," ujar Rosan saat mengunjungi Kantor Kementerian BUMN di Jakarta, Selasa, (24/3).

Sejauh ini, kata dia, sumbangan sudah diberikan ke Pemerintah DKI Jakarta. Bantuan yang diberikan, beberapa di antaranya berupa rapid tes, Alat Pelindung Diri (APD), serta makanan dan minuman.

"Kita sudah berikan 5.000 tes kit dan 10 ribu masker. Ini tahap pertama dan akan berkelanjutan," tegasnya.

Pengusaha, lanjutnya, juga berencana membersilhkan berbagai masjid di Jakarta. Termasuk memberikan sumbangan ke Rumah Sakit (RS).

"Sumbangan-sumbangan lain ke RS sudaj disalurkan, barang-barang kami sudah masuk sejak Jumat. Kami sangat terbuka, sejauh ini bantuan juga kami berikan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), PMI (Palang Merah Indonesia), juga Satgas," kata Rosan.

Ia berharap, seluruh lapisan masyarakat dan para pemangku kepentingan bergotong-royong dan bersatu padu demi ringankan beban negara. "Kita komunikasi pula dengan Pak Menteri (BUMN) apa yang bisa dikerjasamakan," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement