Senin 23 Mar 2020 19:19 WIB

Kerja di Rumah Dorong Trafik Data XL Melonjak 15 Persen

Kenaikan trafik tertinggi akses aplikasi XL mencapai 48 persen.

Teknisi melakukan perawatan perangkat Mobile Base Transceiver Station (M-BTS) milik XL Axiata di kawasan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (13/2/2020).
Foto: Antara/Bayu Pratama
Teknisi melakukan perawatan perangkat Mobile Base Transceiver Station (M-BTS) milik XL Axiata di kawasan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (13/2/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Kebijakan untuk belajar dan bekerja dari rumah meningkatkan trafik data perusahaan telekomunikasi XL Axiata dan Telkomsel. (Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan di luar Lebaran dan Natal/Tahun Baru, ini adalah kenaikan trafik data secara nasional yang tertinggi.

"Kenaikan trafik tertingginya mencapai 15 persen dibanding hari biasa," kata dia, Senin (23/3).

Baca Juga

Pusat pemantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center XL Axiara menunjukkan kenaikan rata-rata sebesar 10 persen dibandingkan hari normal. Akses ke aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan. Kenaikan trafik tertinggi sebesar 48 persen.

"Pemicunya terutama adalah akses ke layanan data penunjang bekerja dan belajar dari rumah. Selain itu, program dukungan XL Axiata dengan memberikan 'free' 2GB per hari untuk akses ke layanan data tertentu itu juga telah dimanfaatkan secara maksimal oleh pelanggan di berbagai daerah," kata dia.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi menyatakan pihaknya berusaha menjaga performa jaringan di seluruh wilayah Sumatra. Hal ini seiring dengan makin gencarnya upaya pemerintah provinsi dan kota/kabupaten menyerukan 'social distancing' atau tetap tinggal di rumah.

"Berarti kebutuhan atas layanan internet dan data, juga layanan telekomunikasi lainnya kemungkinan besar akan terus meningkat," kata dia.

Sementara itu, dalam siaran persnya, Telkomsel menyiagakan jaringan mengantisipasi lonjakan trafik layanan. Pengamanan jaringan terutama difokuskan di wilayah residensial dan juga titik posko penanggulangan covid -19 seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait.

Sejak diberlakukannya himbauan belajar dan bekerja dari rumah,  Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi payload layanan berbasis data dan digital hingga 5 persen. Untuk membantu siswa bisa #TerusBelajar dengan efektif dari rumah, Telkomsel menyediakan dua pilihan paket data yang bisa dimanfaatkan untuk bebas akses ke berbagai aplikasi pembelajaran daring (e-learning). Telkomsel menyediakan “Bebas Akses Ruangguru 30GB” dan “Bebas Akses Ilmupedia 30GB”.

Kedua pilihan paket ini berlaku untuk pemakaian selama 30 hari dengan kuota 30GB. Dalam waktu dekat ini Telkomsel juga sedang proses berkolaborasi dengan sekitar 122 Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki akses situs e-learning.

Untuk melayani kebutuhan karyawan profesional, Telkomsel menyediakan solusi komunikasi terintegrasi berbasis cloud bernama CloudX. Telkomsel memberikan bebas biaya berlangganan CloudX Meeting selama satu bulan serta bebas kuota data untuk mengakses layanan CloudX Meeting sebesar 60GB khusus untuk host meeting dan 30GB untuk peserta meeting.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement