Senin 23 Mar 2020 17:20 WIB

Wabah Corona, Kominfo Apresiasi Dukungan Industri Digital

Platform digital di Indonesia memberikan dukungan pelaksanaan gerakan jaga jarak.

Menkominfo Johnny G. Plate
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Menkominfo Johnny G. Plate

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate menyampaikan apresiasi dukungan industri digital dalam membantu pemerintah mengatasi permasalahan-permasalahan pandemi virus corona baru (Covid-19). Perusahaan industri digital itu, seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Bukalapak, Halodoc, dan Ruang Guru.

Ia menyatakan apresiasi platform digital di Indonesia memberikan dukungan pelaksanaan gerakan jaga jarak (physical social distancing) sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mencegah penyebaran lebih lanjut virus tersebut. "Platform digital, baik decacorn maupun unicorn - Gojek, Grab, Tokopedia, Bukalapak, Halodoc, dan Ruang Guru telah memberikan fasilitas dan dukungan dalam gerakan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah sesuai dengan bidang layanannya masing-masing," ujar Menteri Johnny dalam konferensi pers daring, Senin (23/3).

Baca Juga

Johnny pun mengimbau agar masyarakat memanfaatkan layanan yang disediakan platform digital tersebut secara maksimal. "Gojek dan Halodoc yang telah memberikan dukungan fasilitas untuk pemantauan dan pengecekan kesehatan dari rumah," kata Johnny.

"Bukalapak, Tokopedia, serta Gojek dan Grab yang membuka peluang untuk bekerja dari rumah, dan Ruangguru yang memfasilitasi proses belajar dari rumah," ujarnya melanjutkan.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga mengapresiasi upaya platform industri digital dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR), penggalangan dana, dan pengadaan alat perlindungan diri (APD) tenaga medis, dan beragam donasi lain untuk mendukung upaya pemerintah melawan Covid-19.

Selain pelaku industri digital, Johnny juga mengapresiasi operator telekomunikasi dan penyedia akses internet (ISP) yang telah memberikan kontribusi dalam menyediakan akses gratis untuk mendukung penanganan wabah corona secara interaktif.

"Secara khusus juga ingin kami sampaikan bahwa kepada seluruh penyelenggara telekomunikasi atau operator seluler, internet service provider untuk menjaga kapasitas layanan dengan menyediakan bandwith yang cukup dan menjaga kualitas layanan," kata dia.

Menkominfo juga menyampaikan ucapan terima kasih atas layanan gratis panggilan call center 119, 117, 112, dan layanan WhatsApp Blast serta SMS Blast operasional dari Chatbot WhatsApp Covid19.go.id Powered by Kominfo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement