Senin 23 Mar 2020 17:04 WIB

Cegah Covid-19, Bank BJB Salurkan Bantuan Rp 2 Miliar

Langkah ini sebagai bukti nyata Bank BJB bersama Pemprov Jabar melawan Covid-19.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Petugas keamanan berjaga di depan Ruang Isolasi Infeksi Khusus virus corona, ilustrasi
Foto: Abdan Syakura/Republika
Petugas keamanan berjaga di depan Ruang Isolasi Infeksi Khusus virus corona, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pandemi corona virus mulai merebak di Indonesia diawali dengan temuan kasus pertama di Depok pada 2 Maret 2020. Dalam situasi krisis seperti ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) membutuhkan banyak dukungan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk membasmi Covid-19 di wilayah Jawa Barat. Sebagai bank yang tumbuh berkembang di tanah Jawa Barat, Bank BJB mengucurkan bantuan Rp 2 miliar.

Bertempat di Gedung Pakuan, Senin, (23/3) diwakili oleh pemimpin Divisi Corporate Secretary Widi Hartoto, Bank BJB menyerahkan bantuan dana corporate social responsibility (CSR) senilai Rp 2 miliar melalui Jabar Quick Response (JQR). Bantuan tersebut diterima oleh Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Drs H Daud Achmad MM.

Baca Juga

Menurut Widi Hartoto, bantuan dana ini menjadi bukti nyata bahwa Bank BJB dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama melawan Covid-19. "Tentunya melalui kerja keras tim Jabar Quick Response, kami semua berharap wabah ini segera berakhir dan kehidupan masyarakat kembali seperti sedia kala," ujar dia.

Widi mengatakan, dalam menghadapi situasi ini, Bank BJB telah mengeluarkan berbagai aturan yang diterapkan, baik bagi internal maupun bagi nasabah setia bank BJB. Pengaturan shifting work hingga work from home sudah diterapkan bagi karyawan yang berada di zona kuning pesebaran virus corona.

Selain itu, kata dia, pemenuhan alat pelindung diri bagi frontliner Bank BJB juga sudah disediakan seperti masker, hand sanitizer, dan sarung tangan karet. Bahkan, pengecekan suhu tubuh bagi orang-orang yang masuk ke area bank juga sudah dilakukan. Kemudian, bilik disenfektan juga disediakan di beberapa lokasi strategis Bank BJB.

Menurut dia, imbauan pemerintah mengenai social distancing pun membuat Bank BJB terus menggencarkan penggunaan produk-produk digital Bank BJB. Hal tersebut melalui transaksi menggunakan BJB DIGI. Dengan cara ini, nasabah sudah dapat melakukan berbagai transaksi tanpa perlu keluar rumah.

“Bank BJB akan terus mendukung pemerintah dalam upaya memerangi Covid-19. Hal tersebut menjadi kontribusi positif dari tanggung jawab sosial Bank BJB. Sudah sejak lama penyaluran dana CSR Bank BJB difokuskan pada empat hal, yakni pendidikan, kesehatan, dan lingkungan," kata Widi.

Sejak kemunculannya pada Desember 2019 di Wuhan, Cina, wabah Covid-19 telah menyebar dengan cepat ke berbagai negara dengan lebih dari 207 ribu kasus di seluruh dunia dengan 166 negara terdampak. Wabah ini menyebabkan ribuan jiwa meninggal di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement