Sabtu 21 Mar 2020 19:36 WIB

Jubir: Kemenkes Pastikan 12 Juta Masker Bedah Tersedia Besok

Masker-masker itu akan dikirim ke setiap Dinas Kesehatan di provinsi.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ratna Puspita
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menyiapkan masker bedah lebih dari 12 juta pada esok hari. Selain itu akan tersedia juga masker N95 lebih dari 81 ribu.

"Hari ini pastikan sejak besok di Kemenkes siapkan masker bedah 12 juta lebih, masker N95 lebih dari 81 ribu," ujar Yurianto dalam konferensi persnya melalui siaran langsung di Youtube BNPB, Sabtu (21/3)

Baca Juga

Ia mengatakan, masker-masker itu akan dikirim ke setiap Dinas Kesehatan di provinsi. Masing-masing rumah sakit maupun klinik dapat mengajukan pengadaan masker ke Dinas Kesehatan provinsi.

"Kita pastikan masker ini bisa digunakan bersama," kata dia. Namun, Yurianto tidak menyebutkan pengadaan masker ini untuk masyarakat umum, pasien, atau hanya petugas medis. 

Yurianto mengingatkan kembali masyarakat tetap berupaya mencegah penularan virus corona dengan menjaga jarak sosial atau social distancing. Jaga jarak ketika berkomunikasi dengan orang lain minimal satu meter.

Ia juga mengimbau warga menghindari pertemuan dan kerumunan orang karena berpeluang terjadi penularan virus corona. Mengingat masih ada beberapa warga yang tetap beraktivitas di luar rumah karena pekerjaan yang tidak bisa dilakukan di rumah.

"Ada sebagain saudara-saudara tidak mungkin bekerja dari rumah, pastikan ketika tidak perlu keluar dari rumah jangan keluar rumah," tutur Yurianto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement