Sabtu 21 Mar 2020 17:01 WIB

Dukungan Southgate untuk Penanganan Covid-19

Sepak bola dan dunia sedang mendapat tantangan berat.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Agung Sasongko
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.(EPA-EFE/MARTIN DIVISEK)
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.(EPA-EFE/MARTIN DIVISEK)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate menuliskan surat terbuka untuk penggemar. Ini sehubungan dengan apa yang terjadi belakangan ini.

Sepak bola dan dunia secara umum, sedang mendapat tantangan berat. Wabah Covid-19, menjadi penyebabnya.

Sudah ribuan orang menjadi korban. "Atas nama tim dan staf, saya mengirimkan simpati kami kepada mereka yang kehilangan orang yang dicintai. Pikiran kami bersama Anda," kata Southgate, dikutip dari Sky Sports, Jumat (20/3).

Selanjutnya, ia meminta semua pihak bekerja sama. Secara khusus untuk penggemar, hendaknya mengikuti semua aturan yang ditetapkan pihak berwenang.

Dengan begitu, ada perlawanan terhadap virus corona ini sehingga mampu menghambat penyebarannya.

"Silahkan untuk terus mengikuti pedoman dan menjaga kebersihan, serta melakukan tindakan untuk mengendalikan penyebaran virus ini agar bisa melindungi mereka yang rentan terkena dampaknya. Tanggung jawab itu ada pada kita semua," ujar Southgate.

Ia menyadari, ada dampak lain yang timbul dari keadaan ini. Selain kehilangan nyawa dan terganggunya kesehatan, sisi ekonomi juga terdampak.

Ada banyak bisnis terganggu. Kebijakan isolasi diri juga sejenak menghilangkan rutinitas kerja dan pergaulan sosial yang normal.

Menurut Southgate, itu tantangan bagi semua orang. Ia meminta setiap individu saling mendukung satu sama lain.

Tak lupa, sang arsitek menyinggung kerja keras paramedis. Tim kesehatan merupakan pahlawan di garda terdepan dalam memerangi Covid-19.

"Mereka tidak menerima pujian secara personal, tapi kita semua tahu pentingnya mereka melampaui apa yang kita lakukan di lapangan," tutur Southgate menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement