Sabtu 21 Mar 2020 14:39 WIB

Semarang dan Solo Prioritas Rapid Test di Jateng

Ganjar mengatakan Jawa Tengah masih menunggu kepastian rapid test.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ratna Puspita
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Foto: Antara/Aji Styawan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kota Semarang dan Kota Surakarta bakal menjadi prioritas di Jawa Tengah jika opsi rapid test (tes cepat-massal) dilakukan oleh Pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19. "Jawa Tengah, prioritasnya Solo (Surakarta) dan Semarang," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prabowo, di Semarang, Sabtu (21/3).

Hal ini, dia mengatakan, dilihat dari hasil penelusuran kasus positif corona, yang ditemukan di wilayah Provinsi Jawa Tengah. "Walaupun saat ini, Jawa Tengah masih menunggu kepastian rapid test tersebut," kata gubernur.

Baca Juga

Ia juga mengatakan, belum bisa mengetahui kapan tes tersebut akan dilakukan. Lantaran, hingga saat ini ia belum mendapatkan kabar terkait kapan alat tes cepat tiba di Indonesia.

Jika sudah, Ganjar mengaku siap menerjunkan tenaga kesehatan untuk mengaplikasikannya kepada warga di Jawa Tengah. Namun, ia melihat dengan perkembangan seperti ini, wilayah seperti DKI Jakarta perlu mendapat prioritas tes cepat Covid-19. 

"Laboratorium kita juga bisa bantu buat VTM (Virus Transport Medium), jadi kalau pemeriksaannya harus lebih detail lagi. Tinggal ada beberapa peralatan yang harus kita beli dari luar," tambah gubernur.

Ia juga mengimbau, rapid test juga dimanfaatkan para pejabat di wilayahnya untuk memberi contoh, dengan memeriksakan diri sendiri. Sehingga jika ditemukan kasusnya, yang bersangkutan bisa segera melakukan isolasi mandiri dan menjalani pengobatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement