Sabtu 21 Mar 2020 04:32 WIB

Bupati di Pegunungan Wajib Sumbang Rp 1 M untuk Corona

Sumbangan akan digunakan untuk menambah ruang isolasi

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Warga melintas di jalan penghubung ke Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Bupati di pegunungan wajib sumbang Rp 1 M untuk corona. Ilustrasi.
Foto: Antara
Warga melintas di jalan penghubung ke Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Bupati di pegunungan wajib sumbang Rp 1 M untuk corona. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WAMENA - Delapan Bupati se-Pegunungan Tengah Provinsi Papua diwajibkan menyumbang Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar untuk mendukung fasilitas pencegahan virus corona di RSUD Wamena di Kabupaten Jayawijaya. Ketua Asosiasi Bupati se-Pegunungan Tengah Papua Befa Yigibalom mengatakan semua kabupaten pemekaran yang dilahirkan dari Kabupaten Induk Jayawijaya tidak memiliki ruang isolasi corona.

Befa mengatakan, walau belum ditemukan suspect atau virus corona di pegunungan tengah Papua, dukungan itu diperlukan. Dengan demikian jika di kemudian hari ditemukan virus corona di kabupaten pemekaran maka langsung dirawat di RSUD Wamena.

Baca Juga

"Virus ini kalau sudah masuk ke pegunungan, apa artinya uang, uang semua runtuh. Jadi satu-dua miliar disumbang untuk Covid-19 pegunungan tengah. Wajib disumbang oleh para bupati untuk memperkuat pelayanan," katanya pada Jumat (20/3).

Bupati Lanny Jaya ini mengaku telah menyumbang dana Rp 1 miliar dan akan menambah lagi Rp 2 miliar. "Presiden sudah perintahkan jelas. Perintahkan bupati, gubernur untuk selamatkan warga. Berarti apapun kita bisa buat hari ini, maka bupati pegunungan wajib bersatu," ujar Befa.

Dengan bantuan yang diberikan, pemerintah bisa menambah peralatan serta jumlah ruang isolasi corona di RSUD Wamena. "Jadi ruang isolasi di Wamena sekarang kemungkinan 10 saja, mungkin kita tambah 10 atau 20 lagi. Kita (bupati-bupati) harus bersama karena ini musuh kita bersama dan musuhnya tidak kelihatan," katanya.

Ia mengimbau kabupaten-kabupaten yang memiliki kelebihan tenaga dokter agar diperbantukan sebagian ke RSUD Wamena. Befa mengatakan evakuasi pasien antar kabupaten ke Jayawijaya memerlukan biaya yang tinggi dan dana sumbangan masing-masing pemkab akan sangat bermanfaat.

"Pesawat mana yang kita carter itu kita bayar. Mari pemda-pemda di pegunungan kita bersatu," jelas Befa. Kabupaten di pegunungan tengah Papua meliputi Jayawijaya, Tolikara, Yalimo, Yahukimo, Mamberamo Tengah, Nduga, Puncak Jaya, dan Lanny Jaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement