Jumat 20 Mar 2020 15:15 WIB

Rumah Zakat Edukasi Virus Corona ke Warga

Warga diminta menjaga kebersihan diri dan sosial distancing

Pengurus cabang salimah Kecamatan Undaan yang disupport oleh Rumah Zakat melaksanakan kegiatan rutin majelis taklim dan santunan bagi janda dhuafa, Ahad (15/3).
Foto: istimewa
Pengurus cabang salimah Kecamatan Undaan yang disupport oleh Rumah Zakat melaksanakan kegiatan rutin majelis taklim dan santunan bagi janda dhuafa, Ahad (15/3).

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS --  Pengurus cabang salimah Kecamatan Undaan yang disupport oleh Rumah Zakat melaksanakan kegiatan rutin majelis taklim dan santunan bagi janda dhuafa, Ahad (15/3). 

Ada yang berbeda dari kegiatan tersebut, diantaranya ada pemberian edukasi tentang covid-19 bagi peserta taklim dan santunan. Setelah tausyiah selesai, acara dilanjutkan dengan edukasi tentang virus corona yang disampaikan langsung oleh Asrofah selaku petugas medis dari Puskesmas Ngemplak Undaan sekaligus pengurus cabang Salimah Undaan.

Asrofah menyampaikan tentang pentingnya menjaga budaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit dan wabah. Terkait covid-19, hal yang harus dilakukan diantaranya menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dengan konsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup sehingga imunitas tubuh terjaga dengan baik. Menjaga kebersihan diri dan sosial distancing juga harus diperhatikan karena penyebaran covid-19 berasal dari sentuhan atau kontak fisik dengan orang yang positif virus tersebut.

Asrofah berharap, peserta taklim dan santunan mampu menjaga budaya hidup sehat dan dapat menyebarkan informasi tentang bagaimana cara menghadapi covid-19 kepada keluarga dan masyarakat di sekitarnya. Di akhir acara, santunan diberikan kepada para janda dhuafa di Undaan dengan meminimalisir kontak yaitu tanpa bersalaman antara pengurus dan penerima santunan. "Agak kikuk, tapi mau gimana lagi saat kita menghadapi pandemi yang mengharuskan kita semua untuk saling menjaga diri," kata Asrofah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement