Kamis 19 Mar 2020 19:10 WIB

Tim LKC Dompet Dhuafa Sterilisasi dan Bagikan Hand Sanitizer

Tim LKC Dompet Dhuafa bagikan ratusan hand sanitizer ke Tambora Jakbar

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa melakukan progam Cekal (Cegah Tangkal) Corona atau Covid-19 yang bekerjasama dengan Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Kamis (19/3). Salah satunya dengan membagikan ratusan hand sanitizer
Foto: Dompet Dhuafa
Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa melakukan progam Cekal (Cegah Tangkal) Corona atau Covid-19 yang bekerjasama dengan Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Kamis (19/3). Salah satunya dengan membagikan ratusan hand sanitizer

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencegahan virus corona merupakan tanggung jawab dari berbagai pihak. Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa melakukan progam Cekal (Cegah Tangkal) Corona atau Covid-19 yang bekerjasama dengan Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Kamis (19/3). 

“Pada kesempatan kali ini, kita melakukan kegiatan Cekal (Cegah Tangkal) Corona. Dengan mengadakan dua kegiatan, pertama disinfektan dan door to door. Untuk door to door kita bagikan handsanitizer sekaligus edukasi cuci tangan dan etika batuk. Dengan kegiatan ini kami harap masyarakat bisa lebih peduli lagi dengan hal tersebut, demi menangkal penyebaran corona,” tutur Eka Ruwiyan, perwakilan Progam LKC Jakarta. 

Pembagian sejumlah seratus hand sanitizer, disalurkan kepada warga yang rentan terhadap penyebaran virus hingga ke dalam gang-gang sempit. Hal tersebut bertujuan untuk menjemput bola, dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 atau Corona.

Selain itu, para konselor kesehatan dari LKC juga bergerilya dari rumah ke rumah untuk mensosialisasikan etika batuk, dan cara cuci tangan yang baik dan benar. Hal sederhanan seperti batuk dan cuci tangan, sejauh ini menjadi merode terdepan dalam mencegah pebularan corona. Oleh karena itu, para konselor kesehatan LKC pun tak ragu untuk mengedukasi warga, sekalipun hingga ke gang-gang kecil.

Personil juga, melakukan penyemprotan hingga harus mengisi tangki cairan beberapa kali. Hal tersebut dikarenakan luasan penyemprotan, dan sulitnya medan. Hal wajar, mengingat pemukiman di Kelurahan Angke yang lebih banyak diisi oleh gang-gang. Sekalipun harus masuk dan keluar dari gang satu ke gang lainnya, tidak begitu masalah mengingat warga pun merasa senang dengan adanya peyemprotan tersebut. LKC Dompet Dhuafa juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di titik-titik keramain seperti masjid, dan tempat karang taruna.

“Alhamdulillah saya berterimakasih kepada teman-teman dari Dompet Dhuafa, dengan kolaborasinya bersama pemerintah, dan semoga bisa berkembang ke kelurahan-kelurahan lain. Saya bangga kepada Dompet Dhuafa atas respon cepatnya,”ujar Lurah Angke, Teddy Martadila.

Dompet Dhuafa merespon cepat kasus Covid-19 dengan mendirikan pusat informasi atau Corona Center dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa di nomor 0811 16 17 101.Selain hal itu Dompet Dhuafa menyiapkan unit khusus dan program-program pengendalian kasus Corona (Covid-19) dengan melibatkan Rumah Sakit-Rumah Sakit Dompet Dhuafa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement