Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Filipina Blokir Visa dari Semua Negara

Kamis 19 Mar 2020 19:10 WIB

Rep: Lintar Satria / Red: Nora Azizah

Filipina Blokir Visa dari Semua Negara (Foto: corona Filipina)

Filipina Blokir Visa dari Semua Negara (Foto: corona Filipina)

Foto: AP/Aaron Favila
Kebijakan blokir visa dilakukan demi menahan laju penyebaran corona.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Filipina memblokir semua visa untuk orang asing dan semua negara tanpa kecuali. Kementerian Luar Negeri Filipina mengatakan larangan masuk ini diterapkan demi menahan laju penyebaran virus korona yang dikenal Covid 19.

Melalui media sosial Twitter, Menteri Luar Negeri Filipina, Teodoro Locsin, mengatakan, ia sudah menandatangani perintah untuk menghentikan visa domestik dan asing di setiap pos. Locsin tidak menjelaskan sampai kapan kebijakan ini diberlakukan.

Baca Juga

"Ini merupakan satu langkah maju yang penting, larangan masuk total untuk pengunjung asing dari semua negara, tanpa kecuali," cicit Locsin, Kamis (19/3), dikutip reuters.

Ia menambahkan wisatawan asing yang ingin keluar dari negara itu diperbolehkan pergi. Hingga saat ini Filipina sudah melaporkan 217 kasus dan 17 kematian Covid 19.

Sebagian besar dilaporkan dalam dua pekan terakhir. Lebih dari setengah masyarakat negara yang berpopulasi 107 juta jiwa itu dikarantina selama satu bulan.  

Sebelumnya Selandia Baru juga telah mengumumkan langkah yang sama. Selandia Baru menutup perbatasannya bagi semua warga asing.

"Saya tidak mau mentoleransi risiko di perbatasan kita. Keputusan hari ini menghentikan turis atau pemegang visa sementara seperti pelajar atau pekerja sementara, untuk datang dan masuk ke Selandia Baru," kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern.

Peraturan larangan masuk juga berlaku bagi negara-negara Pasifik Selatan. Sebelumnya, mereka dibebaskan dari beberapa pembatasan perjalanan. Sementara, kargo akan diizinkan masuk.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA