Kamis 19 Mar 2020 14:05 WIB

Rabithah Alawiyah Imbau Umat Patuhi Fatwa MUI

MUI mengeluarkan fatwa soal ibadah di tengah wabah corona.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Rabithah Alawiyah Imbau Umat Patuhi Fatwa MUI. Foto:  Ketua Umum DPP Rabithah Alawiyah Habib Zein Umar Smith(Republika/Darmawan)
Foto: Republika/Darmawan
Rabithah Alawiyah Imbau Umat Patuhi Fatwa MUI. Foto: Ketua Umum DPP Rabithah Alawiyah Habib Zein Umar Smith(Republika/Darmawan)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Habib Zen bin Umar Smith mengimbau umat Islam untuk mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi wabah. Serta mengimbau untuk mematuhi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadinya wabah virus corona atau Covid-19. 

Habib Zen mengatakan, umat manusia saat ini tengah dihadapkan pada ujian bersama berupa penyebaran wabah Covid-19 di berbagai negara. Virus tersebut juga menyebabkan penyakit infeksi Covid-19 yang mewabah di Indonesia.

Baca Juga

Ia menerangkan, wabah dalam sejarah umat manusia telah beberapa kali terjadi dan menimbulkan dampak yang tidak ringan. Pada masa Baginda Nabi Muhammad SAW, wabah juga pernah terjadi. "Kita sebagai orang yang beriman tentu meyakini bahwa semua datang dari Allah SWT dan untuk menghindarinya kita diwajibkan untuk berikhtiar semaksimal mungkin," kata Habib Zen melalui pesan tertulis kepada Republika, Kamis (19/3).

Ia menyampaikan, Rabithah Alawiyah menghimbau umat agar mengikuti hal-hal yang telah diajarkan oleh Islam melalui Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi wabah. Yaitu melakukan karantina diri secara sukarela terutama bagi mereka yang berpotensi untuk menularkan dan tertular.

Umat Islam juga dihimbau untuk menaati semua instruksi dan anjuran medis yang diberikan oleh pemerintah pusat dalam hal ini gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, serta gubernur dan para kepala daerah lainnya. Rabithah Alawiyah juga mengajak seluruh umat Islam di Indonesia agar mematuhi Fatwa MUI terkait pelaksanaan ibadah selama pandemik Covid-19.

"Kita hendaknya tidak menganggap ringan wabah ini dan segera mendisiplinkan diri dalam hal kebersihan diri dan lingkungan. Selalu memperbaharui wudhu dan menjalankan sunah Nabi terkait kebersihan, Insya Allah dapat membantu menghindarkan diri dari virus corona tersebut," ujarnya.

Habib Zen menambahkan, Rabithah Alawiyah menganjurkan selain melakukan ikhtiar yang maksimal dalam menghindari wabah Covid-19, juga berdoa memohon agar wabah ini segera berlalu dan berdzikir memuji kebesaran Allah SWT. Yakini ada hikmah besar di balik semua ujian yang diturunkan-Nya saat ini. "Sekarang saatnya kita menguji ketabahan dan keimanan kita," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement