Kamis 19 Mar 2020 13:30 WIB

Pentingnya Tetap Terhidrasi Selama Pandemi Corona

Tetap terhidrasi secara tak langsung dapat menghindari orang dari infeksi corona.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Minum air putih. Tetap terhidrasi secara tak langsung dapat menghindari orang dari infeksi corona.
Foto: Sciencealert
Minum air putih. Tetap terhidrasi secara tak langsung dapat menghindari orang dari infeksi corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga stamina agar tetap sehat menjadi salah satu cara ampuh di antara beberapa upaya pencegahan infeksi virus corona tipe baru. Dikutip laman Times Now News, minum air setiap 15 menit atau menjaga mulut tetap basah sepanjang waktu juga bisa membantu mencegah infeksi corona.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa terhindar dari infeksi corona. Itu dimungkinkan karena tubuh terdiri dari sekitar 70 persen air.

Baca Juga

Hidrasi memainkan peran penting dalam menjaga tubuh tetap sehat dan memastikan bahwa semua fungsi tubuh berjalan efisien, tanpa masalah. Tetap terhidrasi juga direkomendasikan untuk menurunkan berat badan, kesehatan kulit, dan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Saat tubuh terhidrasi, maka diharapkan mampu melawan virus. Air minum membantu mengoksigenasi sel-sel.

Ketika sel-sel memiliki oksigen yang cukup, maka ia akan bekerja pada kapasitas penuh, sehingga membantu melindungi tubuh terhadap benda asing yang mencoba masuk, kemudian melawannya. Hidrasi juga memainkan peran sangat penting dalam mengatur suhu tubuh, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, CDC.

Karena itu, apabila mengalami demam, apakah itu gejala Covid-19 atau infeksi lain dalam tubuh, minum air putih yang cukup dianggap sebagai bentuk amunisi dan pertahanan.  Menurut sebuah laporan di Havard Health, tetap terhidrasi adalah penting guna mengurangi risiko infeksi.

Hidrasi juga membantu dalam transmisi nutrisi ke seluruh bagian tubuh dan menjaga semua jaringan dan fungsi tubuh berjalan secara efisien. Obat-obatan yang diminum juga dapat menyebabkan kekeringan pada tubuh. Karenanya, saat sakit, orang cenderung kehilangan banyak air dari tubuh dalam bentuk lendir, yang merupakan cara tubuh menghilangkan kuman penyebab penyakit dari tubuh.

Ketika minum cukup air, maka akan mengeluarkan lebih banyak lendir bersama dengan kuman dan dapat dikeluarkan dari tubuh. Selama vaksin corona masih belum ditemukan, sangat penting untuk mengambil semua tindakan pencegahan dan menjaga diri tetap aman dan sehat. Meskipun tetap terhidrasi tidak menjamin bahwa seseorang tidak akan tertular virus corona, namun cara ini dapat sangat membantu dalam mengurangi risiko maupun pemulihan dari penyakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement