Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Ijtima Dunia Dibatalkan, Kepulangan Peserta Dikawal

Kamis 19 Mar 2020 09:32 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Teguh Firmansyah

Ijtima Jamaah Tabligh Asia(Dok)

Ijtima Jamaah Tabligh Asia(Dok)

Foto: Dok
Sekitar 478 WNA akan dikumpulkan supaya tidak langsung berbaur dengan warga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tabligh Ijtima Dunia 2020 Zona Asia yang sedianya akan digelar di Gowa, Sulawesi Selatan, akhirnya dibatalkan setelah melalui proses negosiasi dengan pemerintah setempat. Para peserta pun segera dipulangkan dengan pengawalan pemerintah dan kepolisian setempat.

"Alhamdulillah, semua pihak sudah sepakat bahwa kegiatan tersebut dibatalkan. Tinggal sekarang kita mengawal proses kembalinya ke daerah masing-masing agar tidak berbaur dengan masyarakat setempat," kata Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Ibrahim Tompo saat dihubungi, Kamis (19/3).

Baca Juga

Untuk diketahui, jumlah peserta yang telah hadir di Gowa mencapai lebih dari 8.000 orang. Terdapat sekitar 478 WNA yang turut hadir dalam acara tersebut.

Ibrahim menyebut, WNA tersebut akan diawasi dan dikarantina meskipun tidak menggunakan protokol Covid-19. Namun, karantina yang dimaksud lebih bersifat pengawalan agar WNA tersebut tidak berbaur dengan masyarakat.

"Karantina menunggu keberangkatan sesuai tiketnya. Akan tetap dikawal agar tidak membaur dengan masyarakat," kata Ibrahim.

Para WNA tersebut, Ibrahim menambahkan, dikonsentrasikan di satu tempat sehingga mereka terlokalisasi. Mereka dijaga oleh aparat Polri dengan bantuan TNI.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA