Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Peran Keluarga Dinilai Penting Cegah Penyebaran Virus Corona

Rabu 18 Mar 2020 22:48 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani menyerahkan palu sidang kepada Ketua Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR RI Daryatmo Mardiyanto  saat rapat pleno ke-1 Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2).(Republika/Prayogi)

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani menyerahkan palu sidang kepada Ketua Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR RI Daryatmo Mardiyanto saat rapat pleno ke-1 Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2).(Republika/Prayogi)

Foto: Republika/Prayogi
Keluarga berperan penting mengingatkan bahaya virus Corona

REPUBLIKA.CO.ID, 

Merebaknya virus corona di seluruh dunia, termasuk Indonesia dikhawatirkan masyarakat. Hal tersebut disoroti oleh Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Ahmad Muzani.

Menurutnya, masyarakat harus tenang dan waspada dalam menghadapi situasi. Sebab, beragam langkah pencegahan virus corona kini tengah digiatkan pemerintah, baik Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah.

Langkah pencegahan yang dapat dilakukan masyarakat di antaranya lewat social distancing atau menjaga jarak dari keramaian hingga berdiam diri di rumah. Selain itu, menjaga kebersihan lewat cuci tangan hingga melindungi diri dengan mengenakan masker.

Namun, hal terpenting dalam pencegahan virus corona ditegaskannya adalah peran keluarga. Masing-masing anggota keluarga katanya harus dapat saling mengingatkan.

"Orangtua harus mengingatkan anak-anaknya untuk selalu menjaga kebersihan dan sebaliknya. Jadi pencegahan sudah silakukan sejak dari rumah dan menjadi kebiasaan yang baik bagi masyarakat," ungkap Ahmad Muzani dalam keterangan di Jakarta pada Rabu (18/3).

Social distancing yang kini diterapkan pemerintah katanya harus dipatuhi seluruh masyarakat.MPR RI pun katanya mendorong pemerintah untuk melakukan upaya secara optimal dalam mencegah penyebaran virus corona. 

"Hindari kumpul dalam jumlah banyak, imbauan kerja di rumah dan meliburkan anak-anak sekolah jangan justru dijadikan kesempatan untuk berwisata. Itu yang salah," ungkap Ahmad Muzani.

Lebih lanjut dipaparkannya,bangsa Indonesia kini tengah diuji. Sehingga menurutnya rakyat Indonesia tidak boleh saling menyalahkan."Kita hadapi bersama sebagai bangsa yang kuat, bergotong royong dalam menghadapi situasi yang tidak mudah ini," ucap Ahmad Muzani. 

"Pemerintah juga harus fokus pada pemberdayaan ekonomi, agar roda perekonomian terus bergerak," tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA