Rabu 18 Mar 2020 22:34 WIB

Perawat Pasien Covid-19 Banjir Doa dan Dukungan

Akun Twitter perawat pasien Covid-19 dibanjiri doa dan dukungan warganet.

Perawat mengenakan pakaian alat pelindung diri (APD) berada di Ruang Isolasi Infeksi Khusus (RIIK) untuk pasien Covid-19.
Foto: Abdan Syakura
Perawat mengenakan pakaian alat pelindung diri (APD) berada di Ruang Isolasi Infeksi Khusus (RIIK) untuk pasien Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah petugas medis memperoleh banyak dukungan semangat dari masyarakat atas pelayanan mereka, terutama dalam membantu merawat pasien Covid-19. Dukungan-dukungan itu salah satunya membanjiri akun Twitter @Nruulll milik Zr.Luna yang mengaku perawat dir ruang isolasi pasien Covid-19.

Banjir dukungan itu bermula dari cicitan @Nruulll terkait perayaan Hari Perawat Nasional pada 17 Maret. Dia turut melampirkan cicitan apresiasi Presiden Joko Widodo atas peran petugas medis di tengah upaya penanggulangan wabah Covid-19.

Baca Juga

"Sebagian mereka mungkin tak sempat memikirkan hari peringatan profesi sendiri. Mereka sibuk melaksanakan tanggung jawab di ruang-ruang perawatan rumah sakit, klinik, dan pusat kesehatan. Bersama para dokter dan paramedis lain, mereka berjuang untuk kesehatan rakyat bangsa ini," menurut cicitan di akun resmi Presiden Joko Widodo, dipantau di Jakarta, Rabu.

Zr Luna mengaku selama delapan tahun mengabdi sebagai perawat baru tahun ini ia mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari teman-temannya. Ia merasa terharu dengan pemberian semangat dan doa untuknya di tengah wabah Covid-19.

Akun @Nruulll tersebut kemudian di-retweet 11,3 ribu orang dan disukai 44,7 ribu lainnya. Selain itu, cicitan tersebut juga dibanjiri banyak komentar berisi pujian dan doa.

Salah satu dukungan semangat disampaikan akun dengan nama @wisanggeni yang mendoakan agar petugas medis tetap semangat dan menyampaikan salam hormat kepada semua pahlawan kesehatan.

"Semangat ya mbak.. Doa kami selalu menyertai mbak dan teman² sejawat. Salam hormat saya buat semua pahlawan kesehatan," demikian komentar dukungan semangat tersebut.

Dukungan lain juga disampaikan akun Twitter dengan nama @sbn-bejoo yang menyampaikan ucapan selamat Hari Perawat Nasional.

"Selamat hari perawat nasional tetep semangat dn istiqomah dlm menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat di bidang kesehatan," tulis akun tersebut.

Sebelumnya, unggahan tentang dr Handoko Gunawan, dokter senior spesialis paru yang merawat pasien Covid-19, juga viral di media sosial. Di usia hampir 80 tahun, dia masih ikut dalam tim tenaga medis yang menangani penyakit berbahaya tersebut, meski sudah ditentang oleh anak-anaknya.

Kasus Covid-19 di Indonesia pada Rabu (18/3) bertambah 55 menjadi 227. Sehari sebelumnya, angkanya 172 kasus.

"Total keseluruhan sampai sekarang tanggal 18 Maret 2020 pukul 12.00 WIB adalah 227 kasus positif," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement