Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Cegah Penularan Corona, MPR RI Ingatkan Peran keluarga

Rabu 18 Mar 2020 22:13 WIB

Red: Hiru Muhammad

Siswa SD mengerjakan tugas sekolah saat pembelajaran mandiri di rumahnya di Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (18/3/2020). (ANTARA/Saiful Bahri )

Siswa SD mengerjakan tugas sekolah saat pembelajaran mandiri di rumahnya di Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (18/3/2020). (ANTARA/Saiful Bahri )

Foto: ANTARA/Saiful Bahri
Keluarga harus dapat menjaga diri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Ahmad Muzani mengingatkan masyarakat untuk memperkuat peran keluarga dalam mencegah penularan virus Corona (Coronavirus Disease 2019/ COVID-19). 

Muzani mengatakan tiap anggota keluarga harus dapat saling mengingatkan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungannya."Orangtua harus mengingatkan anak-anaknya untuk selalu menjaga kebersihan dan sebaliknya. Jadi pencegahan sudah dilakukan sejak dari rumah dan menjadi kebiasaan yang baik bagi masyarakat," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra itu dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (18/3).

Muzani juga mengingatkan masyarakat agar tetap tenang dan waspada dalam menghadapi situasi wabah virus yang juga dinamakan SARS-COV 2 itu. Sebab, beragam langkah pencegahan kini telah digiatkan pemerintah, baik Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah.

Namun, masyarakat diminta untuk turut serta melakukan langkah pencegahan di antaranya lewat social distancing atau menjaga jarak dari keramaian dan berdiam diri di rumah."Social distancing yang kini diterapkan pemerintah harus dipatuhi seluruh masyarakat," katanya.

Langkah antisipasi lainnya adalah menerapkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kegiatan berkumpul dalam jumlah massa yang banyak. "Hindari kumpul-kumpul dalam jumlah banyak," tutur Muzani.

Keluarga harus dapat menjaga diri dan keluarga masing-masing agar mengikuti arahan bekerja dan belajar dari rumah dengan baik."Imbauan kerja di rumah dan meliburkan anak-anak sekolah jangan justru dijadikan kesempatan untuk berwisata. Itu yang salah, tetap fokus menjadi duta dalam pencegahan virus Corona," kata dia.

Bangsa Indonesia kini tengah diuji. Sehingga, rakyat Indonesia tidak boleh saling menyalahkan. MPR RI akan terus mendorong pemerintah untuk melakukan upaya penanggulangan secara optimal dalam mencegah penyebaran virus Corona.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler