Rabu 18 Mar 2020 21:42 WIB

Kunjungan Wisata Gunung Kidul Merosot 70 Persen

Penurunan kunjungan wisatawan sudah terjadi sejak dua pekan lalu.

Kunjungan Wisata Gunung Kidul Merosot 70 Persen (Foto: ilustrasi wisata Gunung Kidul)
Foto: Republika/ Wihdan
Kunjungan Wisata Gunung Kidul Merosot 70 Persen (Foto: ilustrasi wisata Gunung Kidul)

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL -- Kunjungan wisatawan di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, mengalami penurunan hingga 70 persen. Penurunan terjadi sejak dua pekan terakhir akibat wabah COVID-19.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul, Harry Sukmono, mengatakan, penurunan kali ini bahkan lebih signifikan dibanding periode yang sama sebelumnya. Apalagi saat ini masih dalam masa low season untuk sektor pariwisata.

Baca Juga

"Kalau secara pendapatan, penurunannya mencapai 25 persen," kata Harry.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melalukan koordinasi dengan pelaku wisata. Hasil koordinasi, di antaranya adanya pembatasan masa di lokasi destinasi wisata. Pengelola lokasi wisata melakukan koordinasi dengan fasilitas kesehatan untuk sosialisasi dan pemantauan wisatawan, serta dilakukan terkait informasi dengan peningkatan kewaspadaan COVID -19.

 

"Kesepakatan juga melakukan aksi nyata dengan gerakan bersama menjaga kebersihan di destinasi wisata dan fasilitas pariwisata. Seperti pembersihan yang dilakukan oleh teman-teman di Nglanggeran," kata Harry.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunung Kidul, Sunyoto, mengatakan, banyak kunjungan wisata yang dibatalkan akibat wabah tersebut.

"Bisa dikatakan ini jadi pukulan berat bagi kami," kata Sunyoto.

Menurut Sunyoto, penurunan kunjungan wisatawan mencapai 70 persen bahkan lebih. Penurunan tersebut terlihat dari tingkat kunjungan di hotel dan restoran yang menjadi anggota PHRI Gunung Kidul.

Ia mengungkapkan, pada awal merebaknya wabah corona, pihaknya sudah kehilangan wisatawan asing dari Singapura, Malaysia, serta Tiongkok. Namun saat ini wisatawan domestik turut menurun drastis.

Kondisi ini disebabkan oleh kebijakan sejumlah pemerintah daerah yang melarang warganya melakukan kegiatan keluar wilayah, termasuk kunjungan wisata dalam bentuk rombongan.

"Sejak 15 Maret kemarin sudah banyak reservasi hotel dan restoran yang dibatalkan. Total ada ribuan wisatawan," ungkap Sunyoto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement