Rabu 18 Mar 2020 21:17 WIB

Solo Peduli Bantu Sterilisasi Masjid dan Fasilitas Umum

Solo Peduli membantu pencegahan virus corona.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Tim Crisis Center Covid-19 Kota Tasikmalaya melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Agung Tasikmalaya, Rabu (18/3). (Republika/Bayu Adji P.)
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Tim Crisis Center Covid-19 Kota Tasikmalaya melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Agung Tasikmalaya, Rabu (18/3). (Republika/Bayu Adji P.)

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA-- Solo Peduli melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah masjid dan fasilitas umum (fasum) yang ada di wilayah KLB penanganan virus Corona, Soloraya. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna mendukung langkah- langkah pencegahan, dengan meminimalkan risiko penyebaran di sejumlah fasilitas umum warga.

Manajer Charity Solo Peduli , Fafa Faisal  mengatakan, ancaman penyebaran virus Corona, saat ini benar- benar nyata. Virus ini kian berdampak bagi kehidupan sosial warga di Jawa Tengah.

Baca Juga

Tak terkecuali warga yang berada di kawasan Solo Raya, setelah wabah virus Corona tersebut telah merenggut satu nyawa penderitanya.

"Corona yang diketahui mulai menyebar, Januari lalu sudah meluas di berbagai negara. Tak luput Indonesia sekarang pun mulai terdampak dari penyebaran tersebut," ucap dia, Rabu (18/3).

Sebagai upaya pencegahan agar penyebarannya tak meluas lagi, virus Solo Peduli bergerak untuk melakukan penyemprotan desinfektan di masjid dan tempat- tempat umum lainnya.

"Solo Peduli juga mengajak masyarakat Solo Raya untuk terus waspada, dengan menjaga kesehatan diri dan keluarga, serta mengikuti  apa yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah," ucapnya.

Faisal juga berharap, seluruh komponen masyarakat dan bangsa ini tetap saling mendukung, saling menjaga dan saling mendoakan agar penyebaran virus ini bisa segera teratasi.

Sementara itu, Sholeh (48) salah seorang warga sekaligus jamaah masjid Al Muflihun Batari, Surakarta mengapresiasi langkah yang diupayakan oleh Solo Peduli tersebut. Ia mengatakan penyemprotan disinfektan di masjid- masjid ini, sangat membantu para jamaah, yang menginginkan agar mereka bisa beribadah dengan tenang tanpa dihantui penyebaran dan penularan virus Corona.

Beberapa hari yang lalu, para pengurus masjid di lingkungannya sudah memikirkan penyemprot disinfektan di tempat ibadahnya.

"Namun masyarakat masih binggung siapa yang bisa membantu, hingga akhirnya Solo Peduli datang untuk membantu langkah pencegahan.

Fafa menambahkan, untuk beberapa hari ke depan, tim Solo Peduli juga masih akan terus bergerak untuk mencegah Corona. Terutama sampai kondisi Kejadian Luar biasa penanganan virus Corona tersebut berakhir dan wilayah Indonesia dinyatakan cukup aman dalam menyikapi viris Corona ini.

"Ada pun yemprotan desinfektan oleh tim Solo Peduli, dilakukan pagi mulai pukul 9  di Masjid dan fasilitas- fasilitas umum, yang ada di sejumlah titik di kawasan Solo Raya ," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement