Rabu 18 Mar 2020 18:58 WIB

Wapres Minta Peran RT/RW Sosialisasikan Jaga Jarak

Banyak masyarakat abai terhadap anjuran jaga jarak untuk cegah Corona.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Presiden Maruf Amin saat mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan para menteri melalui video conference dari rumah dinas wapres, Menteng, Jakarta, Rabu (18/3).(KIP/Setwapres)
Foto: KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin saat mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan para menteri melalui video conference dari rumah dinas wapres, Menteng, Jakarta, Rabu (18/3).(KIP/Setwapres)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta peranan perangkat di bawah seperti RT, RW serta lurah untuk menyosialisasikan pentingnya menjaga jarak antarindividu (sosial distancing) kepada masyarakat.

Sebab, Wapres mengungkap, banyak  masyarakat abai terhadap anjuran untuk mencegah penyebaran virus Corona melalui jaga jarak.

Baca Juga

"Kita ingin mengefektifkan agar upaya penanganan ini dan sosialisasi pemahaman kepada masyarakat ini dilakukan sampai ke tingkat yang paling bawah," ujar Ma'ruf di Rumah Dinas Wapres, Menteng, Jakarta, Rabu (18/3).

Karena itu, pemerintah meminta pemda mengoordinasikan jajaran perangkat hingga tingkat RT melakukan pendekatan kepada masyarakat terkait bahaya wabah virus Corona. Ma'ruf mengatakan, melalui gugus tugas percepatan penanganan Virus Corona akan bekerja sama dengan Pemda lebih siap terhadap penyebaran virus tersebut.

"Dengan melakukan upaya-upaya kerja sama dengan berbagai komunitas, menggunakan struktur yang ada, kita ini punya struktur sampai ke bawah, selain walkot, bupati, camat bahkan sampai lurah, bahkan kita punya RT, punya RW dan punya kamtibmas di bawah," ujarnya.

Ma'ruf mengingatkan masyarakat untuk benar-benar menerapkan social distancing dan tidak berkeliaran di rumah kecuali alasan penting dan mendesak.

Ia juga meminta masyarakat tidak pergi berlibur ke suatu daerah selama masa anjuran bekerja dari rumah atau work from home (WFH) maupun belajar dari rumah untuk anak sekolah. Wapres mengingatkan masyarakat untuk benar-benar mengurangi interaksi demi mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Jangan sampai mereka tidak masuk kantor, atau sekolah justru berlibur di tempat-tempat liburan, itu justru harus dihindari, berkerumunnya banyak orang yang justru menyebabkan potensi penularannya besar sekali," ujar Wapres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement