Kamis 19 Mar 2020 01:39 WIB

Mayoritas Pemilih Partai Demokrat Lebih Percaya Joe Biden

Joe Biden dianggap lebih mampu mengatasi krisis-krisis besar

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Bakal calon presiden Amerika Serikat Joe Biden.(AP)
Foto: AP
Bakal calon presiden Amerika Serikat Joe Biden.(AP)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Berdasarkan jajak pendapat Edison Research sebagian besar pemilih Partai Demokrat di Florida, Arizona dan Illinois mengatakan mereka yakin Joe Biden lebih mampu mengatasi krisis-krisis besar dibandingkan rivalnya Senator Bernie Sanders.

Di tengah krisis virus corona yang kini dikenal Covid 19, banyak warga di tiga negara bagian itu yang datang ke tempat pemungutan suara primary Partai Demokrat.

Biden memenangkan ketiganya dalam primary yang digelar pada Rabu (18/3). Kemenangan ini memperkuat posisi mantan wakil presiden dalam perebutan kursi melawan Presiden Donald Trump pada pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) 3 November mendatang.

Karena penyebaran Covid 19 yang sudah menginfeksi lebih dari 6.400 warga AS semakin cepat. Seperti negara bagian lainnya, Ohio yang harusnya menggelar pemungutan suara pada Rabu ini menunda primary mereka.

Jajak pendapat yang digelar Reuters/Ipsos juga menunjukan warga Amerika semakin khawatir dengan Covid 19 dibandingkan dua pekan yang lalu. Kini untuk menahan laju penyebaran seluruh sekolah dan toko di AS sudah ditutup.

Namun Edison Research memperkirakan sekitar 1,8 juta warga Florida tetap memberikan suara mereka dalam primary Partai Demokrat. Angka partisipasinya lebih tinggi dibandingkan primary tahun 2008 atau 2016.

Edison Research menggelar jajak pendapat di Florida, Illinois dan Arizona melalui sambungan telepon. Jajak pendapat ini dilakukan sebelum pemungutan suara di mulai.

Mereka menemukan tujuh dari 10 orang pemilih mengatakan mereka yakin Biden lebih mampu mengatasi krisis-krisis besar dibandingkan Sanders. Enam dari 10 orang di Arizona dan Illinois mengatakan hal yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement