Rabu 18 Mar 2020 17:13 WIB

3 RS Swasta Jadi RS Khusus Pasien Corona

Ketiga rumah sakit itu nantinya hanya akan merawat semua kasus Covid-19.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah dalam Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, menyebut, tiga rumah sakit swasta telah mendedikasikan seluruh kapasitas tempat tidurnya dengan total 300 tempat tidur untuk menangani pasien kasus corona. Ketiga rumah sakit tersebut adalah RS Siloam Kelapa Dua, RS Mitra Keluarga Jatiasih, dan RS Hermina Karawang.

"Ketiga rumah sakit ini nanti hanya akan didedikasikan untuk merawat semua kasus Covid-19. Sementara, kasus lain akan dipindahkan ke rumah sakit lain," ujar Yurianto saat melakukan konferensi pers, Rabu (18/3).

Baca Juga

Selain itu, pemerintah juga tidak hanya mengandalkan laboratorium di Balitbangkes dan sejumlah universitas untuk memeriksa virus corona. Pemeriksaan virus corona kini juga dilakukan di jejaring laboratorium Siloam, jejaring laboratorium Kalbe, dan jejaring laboratorium Bunda Group.

Yurianto berharap, bertambahnya fasilitas laboratorium untuk memeriksa virus Covid-19 ini dapat makin memudahkan dan memaksimalkan deteksi dini penemuan kasus. Ia juga menyampaikan, Asosiasi Rumah Sakit Swasta dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia memiliki komitmen tinggi mendedikasikan seluruh sarana dan prasarananya untuk menangani kasus Covid-19 ini.

"Sehingga, kita tidak lagi terpaku pada rumah sakit rujukan yang ditentukan, tetapi sektor swasta secara bersungguh-sungguh ikut melaksanakan," kata Yurianto menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement