Rabu 18 Mar 2020 16:26 WIB

WNI Diimbau Pulang, Ini Tips Aman dari Covid-19 di Pesawat

Naomi Campbell memberi contoh tips aman di pesawat di masa pandemi Covid-19.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kursi pesawat. Di masa pandemi covid-19, ketahui cara aman dari virus corona di pesawat.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Kursi pesawat. Di masa pandemi covid-19, ketahui cara aman dari virus corona di pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Warga Negara Indonesia di luar negeri telah diimbau pulang sebelum mengalami kesulitan penerbangan lebih jauh lagi di tengah semakin meluasnya penyebaran virus corona tipe baru. Kini, kasus Covid-19 telah terdeteksi di 139 negara.

Saat akan pulang dengan pesawat terbang, coba simak tips dari Naomi Campbell, supermodel yang mengalami germaphobia. Dalam video perjalanannya yang dibagikan melalui media sosial, ia menunjukkan bagaimana ia menggunakan tisu antibakteri untuk membersihkan sabuk pengaman, meja, layar TV, remote TV, bahkan sandaran kepala.

Baca Juga

Campbell mengaku itu telah menjadi kebiasaan barunya. Ia tak mau mengambil risiko menyentuh permukaan yang terkontaminasi oleh virus corona tipe baru penyebab Covid-19. 

“Bersihkan semua yang kamu sentuh,” kata Campbell dalam videonya tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

PSA ! Reminder to travel safe 🙏🏾 Watch my full airport routine on my @youtube channel | Link in bio 🤍 #FBF

A post shared by Naomi Campbell (@naomi) on

Maskapai besar, termasuk Delta Airlines dan American Airlines, mengatakan bahwa mereka telah membersihkan pesawat dan melakukan disinfeksi. Tetapi, beberapa pelancong, termasuk Campbell merasa lebih nyaman dan aman dengan melakukan antisipasi sendiri.

Mungkin ada yang menyebut Campbell berlebihan, tapi di tengah ancaman terjangkit Covid-19 langkah pencegahan Campbell mungkin bisa ditiru. Dilansir Chanel News Asia, berikut beberapa tips untuk membersihkan area pesawat dan menjaga kesehatan dalam penerbangan.

1. Pastikan tangan bersih dan tidak menyentuh wajah

Mencuci tangan adalah penting. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air selama 20 detik atau lebih. Jika itu tidak memungkinkan, maka gunakan hand sanitizer dalam jumlah yang banyak.

"Yang tidak kalah pentingnya membersihkan area tempat duduk dan menjaga agar tangan tidak sembarang memegang sesuatu dan menyentuh area wajah," kata associate professor mikrobiologi dan imunologi medis di University of Wisconsin Madison Dr Andrew Mehle.

2. Pilih kursi dekat jendela

Sebuah studi dari Emory University menemukan bahwa selama musim influenza, tempat teraman untuk duduk di pesawat adalah dekat jendela. Para peneliti mempelajari penumpang dan awak pesawat pada 10 penerbangan selama tiga hingga lima jam dan mengamati bahwa orang yang duduk di kursi dekat jendela memiliki lebih sedikit kontak dengan orang yang berpotensi sakit.

"Pesan tempat duduk dekat jendela, cobalah untuk tidak wara-wiri selama penerbangan, tetap terhidrasi, dan jauhkan tangan dari wajah Anda," kata Vicki Stover Hertzberg, seorang profesor biostatistik dan bioinformatika di Rollins School of Public Health di Emory University dan salah satu dari para peneliti utama dalam penelitian ini

3. Gunakan disinfektan

Gunakan tisu desinfektan untuk membersihkan permukaan kursi, sandaran kepala, dan lengan, gesper sabuk pengaman, remote, layar, saku belakang kursi, dan meja baki. Lalu jika ada televisi layar sentuh, jangan pegang dengan tangan kosong. Gunakan tisu untuk menyentuh layar.

"Seseorang yang sakit dan batuk mungkin menyentuh pintu dan keran, jadi gunakan tisu di kamar mandi lalu gunakan tisu untuk membuka pintu dan untuk menutup keran kemudian membuangnya di tempat sampah saat keluar," kata Bernard Camins, direktur medis untuk pencegahan infeksi di Sistem Kesehatan Mount Sinai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement