Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Otomotif Lesu, Brio Justru Dongkrak Penjualan Honda

Rabu 18 Mar 2020 14:37 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah

Otomotif Lesu, Brio Dongrkrak Penjualan Honda (Foto: Honda Brio)

Otomotif Lesu, Brio Dongrkrak Penjualan Honda (Foto: Honda Brio)

Foto: Republika/Prayogi
Performa penjualan Honda berhasil didongkrak Brio.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Awal 2020 jadi tahun yang sangat menantang bagi pelaku industri otomotif. Hantaman ekonomi global, banjir dan corona membuat pasar belum berada pada titik yang stabil. Meski demikian, performa penjualan Honda di awal tahun ini berhasil didorong oleh salah satu produk andalanya.

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan, pada bulan Februari 2020, Honda Brio tercatat sebagai mobil dengan penjualan tertinggi di antara semua mobil yang dijual di Indonesia. Brio memiliki catatan penjualan sebanyak 6.085 unit.

“Penjualan Honda Brio menjadi pendorong utama Honda di tengah pasar otomotif yang masih belum stabil di awal tahun ini,” kata Yusak dalam keterangan pers kepada Republika pada Rabu (18/3).

Angka penjualan Honda Brio tersebut sebagian besar disumbangkan dari Honda Brio Satya dengan total 4.701 unit, meningkat dari penjualan bulan Januari yang tercatat sebanyak 4.347 unit. Sementara itu, varian Honda Brio RS menyumbangkan penjualan sebesar 1.384 unit pada bulan Februari, juga meningkat dibanding penjualan Januari yang tercatat sebesar 1.298 unit.

“Secara total, Honda Brio telah meraih penjualan 11.730 unit sepanjang dua bulan pertama tahun 2020. Jumlah tersebut meningkat sebesar 13 persen dibandingkan penjualan Honda Brio pada periode yang sama pada tahun 2019,” ujarnya.

Baca Juga

photo
Honda Brio - (Republika/Prayogi)
Tak hanya itu, kedua varian dari Honda Brio juga menjadi market leader di kelasnya masing-masing. Sepanjang Januari hingga Februari 2020, Honda Brio Satya meraih pangsa pasar tertinggi dengan total 27 persen di kelas LCGC, dengan total penjualan 9.048 unit. Sementara Honda Brio RS menguasai kelas City Car dengan pangsa pasar mencapai 63 persen dengan total penjualan 2.682 unit.

“Penjualan Honda Brio menjadi pendorong positif kinerja Honda di tengah-tengah kondisi pasar yang masih belum stabil di awal tahun ini. Saat ini kami juga melakukan monitoring dari hari ke hari untuk menanggapi kondisi terkini terkait kondisi pasar, untuk memastikan permintaan konsumen terhadap produk-produk Honda dapat tetap terpenuhi,” kata dia.

Secara historis, Honda Brio sendiri pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2012, disusul dengan Honda Brio Satya pada tahun 2013 dan mendapatkan penyegaran terbarunya pada ajang GIIAS 2018. Hingga saat ini, total 345.013 unit Honda Brio sudah terjual di seluruh Indonesia dan jadi salah satu LCGC yang cukup diminati oleh berbagai segmen masyarakat.

Hal itu didukung oleh sejumlah faktor mulai dari desain yang menarik, mesin efisien dan bertenaga serta harga yang kompetitif. Seluruh keunggulan itu pun membuat mobil ini menjadi mobil pilihan baik bagi generasi muda, keluarga muda maupun bagi mereka yang ingin menekuni dunia balap mobil.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA