Rabu 18 Mar 2020 07:39 WIB

Polisi Dakwa Fan City yang Rasialis pada Derbi Manchester

Seorang penggemar Manchester City memberi isyarat hinaan rasialis kepada Fred.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain Manchester United Fred mendapat hinaan rasialis dari dan Manchester City.(EPA-EFE/PETER POWELL .)
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL .
Pemain Manchester United Fred mendapat hinaan rasialis dari dan Manchester City.(EPA-EFE/PETER POWELL .)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pria didakwa oleh Polisi Manchester Besar (GMP) pada Selasa (17/3) waktu setempat karena dugaan perilaku rasialis selama derbi Kota Manchester saat City menjamu United di Stadion Etihad pada Desember lalu.

Gambar-gambar televisi yang beredar di media sosial menunjukkan seorang penggemar Manchester City memberi isyarat hinaan rasialis di depan gelandang asal Brasil, Frederico Rodrigues Santos atau Fred, selama pertandingan. Laga lanjutan Liga Inggris itu dimenangkan oleh Manchester United dengan skor 2-1.

Baca Juga

"Anthony Burke dari Panfield Road, Wythenshawe telah didakwa dengan Undang-undang Ketertiban Umum Bagian 5 tentang perilaku rasialis," kata GMP dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari ESPN, Rabu (18/3).

Burke (41 tahun) dijadwalkan hadir dalam sidang di Manchester Magistrates Court pada 15 April. Selain itu, pemain Manchester United Jesse Lingard juga melaporkan bahwa ia dilecehkan secara rasial selama pertandingan dan memberi tahu para ofisial tentang hal itu pada pertandingan. Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mengakui insiden itu mempengaruhi kedua pemainnya.

"Saya sudah melihatnya di video, ini tidak bisa diterima dan saya berharap dia tidak akan menonton sepak bola lagi," kata Ole dikutip dari ESPN, Rabu (18/3). "Itu mempengaruhi Fred dan Jesse, kamu bisa melihat videomya jika kamu mau," tambah dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement