Rabu 18 Mar 2020 07:17 WIB

4 Pemain Chelsea yang Diuntungkan Penundaan Euro 2020

UEFA menunda Euro 2020 agar kompetisi domestik di Eropa bisa selesai meskipun mundur.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Penyerang Chelsea Olivier Giroud.
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Penyerang Chelsea Olivier Giroud.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) menyatakan turnamen Euro 2020 diundur hingga 2021 karena pandemi virus corona. Keputusan UEFA menunda Euro 2020 agar kompetisi domestik di Eropa bisa selesai meskipun jadwalnya mundur. 

“Keputusan ini akan membantu semua kompetisi domestik untuk merampungkan jadwal di tengah penundaan akibat darurat Covid-19," demikian pernyataan mereka seperti dikutip dari Football London. 

Baca Juga

Penundaan Euro 2020 berdampak baik kepada sejumlah pemain yang berhasrat menembus skuat utama negaranya yang akan tampil di kejuaraan ini. Termasuk di antaranya empat pemain Chelsea.

Berikut empat pemain yang diuntungkan keputusan penundaan Euro 2020:

1. Ruben Loftus-Cheek

Pemain berusia 24 tahun ini sudah absen sejak akhir musim lalu dalam pertandingan persahabatan. Ia diperkirakan sudah dapat kembali bermain hingga masuk skuat utama meski belum pulih 100 persen. 

Namun Euro 2020 sudah ditunda hingga setahun, maka pemegang 10 caps timnas Inggris itu pun memiliki lebih banyak waktu untuk memulihkan diri hingga benar-benar fit membela skuat Three Lions pada 2021. 

2. Callum Hudson-Odoi

Ia menjadi sorotan ketika dikabarkan terjangkit Covid-19 beberapa waktu lalu. Hingga saat ini, ia dikabarkan masih menjalani isolasi untuk pemulihan dirinya. 

Pemain berusia 19 tahun itu berpotensi tampil di Euro 2021 jika sembuh total. Ia dapat mencatat caps keduanya untuk timnas Inggris.  Hudson-Odoi sudah mencatatkan 17 penampilan di Liga Primer musim ini, mencetak satu gol dan empat assist untuk The Blues. 

3. Olivier Giroud 

Masa depan striker Chelsea asal Prancis, Olivier Giroud belum jelas di London. Ia disebut-sebut hampir hengkang dari Chelsea pada bursa transfer Januari lalu meski gagal. 

Kontraknya pun akan habis pada akhir musim ini. Dengan catatan hanya dua gol dari sembilan pertandingan di liga, Giroud sedang mengincar panggung baru untuk membuktikan kualitas dirinya. 

Namun dengan ditundanya Euro 2020, maka Giroud memiliki waktu lebih untuk meningkatkan kemampuannya di Chelsea atau klub lain ketika kontraknya rampung. Ia punya kesempatan lebih banyak untuk memikat pelatih les Bleus Didier Deschamps.

4. Reece James

James baru saja mencatat debutnya bersama Chelsea musim ini di tim utama. Hal itu membuka kesempatannya untuk tampil di Euro 2020. 

Alhasil ketika Euro ditunda hingga tahun depan, James punya lebih banyak waktu untuk membuktikan level permainannya sudah cukup untuk berlaga di pentas Eropa. James bisa menarik perhatian pelatih timnas Inggris Gareth Southgate dengan penampilan cemerlang bersama Chelsea dalam setahun ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement