Selasa 17 Mar 2020 22:51 WIB

Pulang dari Jakarta, Wali Kota Samarinda Jadi ODP Covid-19

Penetapan ODP terhadap Wali Kota Samarinda dilakukan setelah ia pulang dari Jakarta.

Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang, masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP) dalam penanganan wabah Covid-19 sepulang dari Jakarta.
Foto: Antara
Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang, masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP) dalam penanganan wabah Covid-19 sepulang dari Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Dinas Kesehatan Kota Samarinda, Kalimantan Timur telah menetapkan sebanyak 210 warga setempat yang masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP) dalam penanganan wabah Covid-19. Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang, termasu salah satunya.

Orang nomor satu di Kota Samarinda tersebut masuk dalam ODP setelah pulang dari Jakarta untuk menghadiri rapat DPP Partai Demokrat. Penetapan ODP itu dilakukan karena Jakarta merupakan salah satu wilayah Indonesia yang terbanyak sebaran kasus positif Covid-19.

Baca Juga

Sejauh ini, total ada 172 orang positif terjangkit infeksi virus corona di seluruh Indonesia. Wali Kota Samarinda tiba di Kota Samarinda pada Selasa siang sekitar pukul 11.00 Wita.

Saat tiba di Bandara APT Pranoto Samarinda, Wali Kota menjalani pemeriksaan suhu tubuh menggunakan pemindai panas (thermal scanner). Hasilnya, normal.

"Suhu tubuh Pak Wali 36 derajat, itu dari pemeriksaan di bandara,” ujar Kabag Humas dan Protokol, Syahruddin.

Pemeriksaan kesehatan Wali Kota Jaang kembali dilanjutkan setelah tiba di rumah jabatan di Jalan S Parman. Pemeriksaan dilakukan oleh tim dokter dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda dan RS IA Moeis, Samarinda.

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) DKK Samarinda, Osa Rafshodia, menerapkan prosedur yang sama saat memeriksa kesehatan Wali Kota Samarinda. Dari hasil pemeriksaan, ia dinyatakan baik-baik saja.

"Beliau tidak ada keluhan,” kata Osa.

Kendati masuk dalam ODP, Osa memastikan Wali Kota tidak diambil spesimen ludahnya untuk diuji laboratorium. Sebab, tak ada gejala Covid-19 yang dirasakan Wali Kota.

"Warga yang ODP tidak harus langsung diuji lab, karena memang kondisinya baik. Mungkin beberapa hari lagi Beliau sudah bisa beraktivitas,” katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement