Selasa 17 Mar 2020 22:18 WIB

Tempat Wisata Puncak-Cipanas Sepi Pengunjung

Tempat wisata di Puncak-Cipanas sepi pengunjung sejak ada larangan keluar rumah.

Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata di Puncak-Cipanas sepi pengunjung sejak ada larangan keluar rumah.
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata di Puncak-Cipanas sepi pengunjung sejak ada larangan keluar rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tempat wisata di Kawasan Puncak-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, masih tetap beroperasi meskipun angka kunjungan menurun tajam dibandingkan beberapa pekan sebelumnya yang masih mencapai ratusan orang. Larangan keluar rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19 membuat jumlah pengunjung yang datang ke Kebun Raya Cibodas dapat dihitung jari sejak pagi hingga sore.

"Kendaraan wisatawan yang masuk kawasan Cibodas tidak lebih dari delapan mobil dan empat sepeda motor," kata Kordinator Retribusi K5 Kebun Raya Cibodas, Adih Saputra saat dihubungi Selasa.

Baca Juga

Adih menjelaskan, untuk antisipasi Covid-19, pihaknya melakukan berbagai cara guna memberikan rasa aman dan nyaman untuk wisatawan yang datang. Salah satunya mengimbau wisatawan untuk menggunakan cairan pembersih tangan dan menggunakan masker bagi yang sakit.

Pihaknya akan mengarahkan wisatawan yang sakit untuk memeriksakan kesehatannya ke pusat layanan terdekat. Namun, hingga sore menjelang, angka kunjungan tidak bertambah.

"Harapan kami ini cepat berlalu dan angka kunjungan kembali meningkat," katanya.

Hal senada terucap dari pengelola tempat wisata di Perumahan Kota Bunga, Hamid. Sejak satu pekan terakhir, angka kunjungan menurun tajam, bahkan sejak pagi hingga sore menjelang hanya beberapa orang pengujung lokal yang datang untuk berwisata.

"Sudah satu pekan terakhir angka kunjungan menurun, bahkan hari ini hanya beberapa orang yang datang ke tempat wisata yang kami kelola," katanya.

Sementara volume kendaraan di jalur Puncak-Cianjur, sejak dua hari terakhir menurun tajam. Tingkat hunian hotelpun mengalami hal yang sama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement