Selasa 17 Mar 2020 17:40 WIB

Diduga Sebar Hoaks Soal Corona, H Ditahan Polisi

Polda Kepri tangkap warga berinisial H terkait hoaks virus corona di Facebook.

Borgol. Ilustrasi(Antara/Zabur Karuru)
Foto: Antara/Zabur Karuru
Borgol. Ilustrasi(Antara/Zabur Karuru)

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Kepolisian Daerah Kepulauan Riau menahan seorang warga berinisial H karena diduga menebar berita bohong tentang isu Virus Corona penyebab Covid-19. Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt menyatakan H diduga menyebarkan berita bohong melalui akun Facebook miliknya.

"Tim Patroli Siber Polda Kepri berhasil menganalisa akun Facebook pelaku inisial H yang telah menyebarkan berita hoaks, di akunnya tersebut inisial H telah membagikan 'link' konten youtube yang mengatakan bahwa Nakhoda CMA CGM Virginia terinfeksi Virus Corona," kata Kabid Humas.

Berita bohong tersebut dibagikan di group Facebook Info Loker Pelaut. Penyidik Polda Kepri mengkonfirmasikan kabar yang dibagikan melalui media sosial itu ke Kemenkominfo, yang kemudian menyatakan bahwa itu tidak benar.

Tim Subdit V Dittipidsiber Ditreskrimsus Polda Kepri langsung bergerak melacak dan mengamankan inisial H. "Menjadi sebuah keprihatinan kita bersama, di tengah situasi seperti saat ini, kita berharap masyarakat bersatu padu untuk melawan virus Corona, minimal jangan menyebarkan isu yang tidak benar," kata Kabid Humas.

Ia mengajak seluruh masyarakat menciptakan suasana tenang di media sosial dan tidak menyebarkan informasi atau berita-berita bohong. "Beritakan lah informasi yang telah terverifikasi dan berasal dari sumber yang jelas," kata dia.

Dalam kasus itu aparat Polda Kepri turut mengamankan barang bukti 1 telepon seluler, kartu telepon, KTP dan akun Facebook milik H.

"Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 14 ayat 1 dan 2, Pasal 15 Undang-Undang Republik Indonesia No. 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan hukuman penjara setinggi-tingginya 2 tahun, 3 tahun dan/atau 10 tahun," kata Harry.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement