Selasa 17 Mar 2020 16:19 WIB

Melonjak, Kasus Positif Corona di Indonesia Jadi 172 Orang

Jumlah pasien positif corona melonjak, kini 172 orang dinyatakan positif Covid-19

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bayu Hermawan
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mengumumkan ada tambahan sebanyak 38 pasien positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Sehingga per Selasa (17/3) ini, total kasus orang yang terinfeksi virus korona sebanyak 172 orang. 

Angka melonjak cukup tinggi, dari jumlah terakhir pada Senin (16/3) kemarin sebanyak 134 kasus positif virus corona. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, menjelaskan bahwa tambahan kasus positif berasal dari pemeriksaan oleh Litbang Kemenkes sebanyak 32 kasus dan pemeriksaan oleh laboratorium penyakit menular Universitas Airlangga, Surabaya sebanyak 6 kasus.

Baca Juga

"Sehingga total 172 kasus di mana kasus meninggal tetap 5 orang," jelas Yuri dalam keterangan pers, Selasa (17/3).

Yuri menyebutkan, penambahan pasien positif Covid-19 terbanyak berasal dari DKI Jakarta, kemudian diikuti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kepulauan Riau. Yuri menjelaskan, seluruh kasus baru rata-rata memiliki gejala ringan hingga sedang.

"Dari 172 kasus terbanyak di DKI, kami maklumi bahwa pintu gerbang di DKI cukup besar, dan mobilitas penduduk sangat tinggi dan kemungkinan terjadinya kontak dari kasus positif cukup besar. Ini bentuk tracing yang dilakukan jajaran Dinkes DKI," katanya.

Sementara untuk pasien yang dinyatakan sembuh, per hari ini berjumlah 9 orang dan telah diberi izin pulang dengan syarat melakukan pengurungan diri di rumah. Pemerintah, ujar Yuri, juga menyiagakan rumah 109 rumah sakit milik TNI, 53 rumah sakit milik Polri, dan 65 rumah sakit milik BUMN untuk melakukan perawatan bagi penderita Covid-19.

Beberapa rumah sakit swasta juga dilibatkan untuk ikut melayani pemeriksaan dini dan perawatan, termasuk RS Pertamina Jaya yang mendedikasikan seluruh tempat tidurnya bagi pasien Covid-19. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement