Selasa 17 Mar 2020 13:46 WIB

Trendi dengan Balutan Busana Muslim

Busana muslim yang trendi tetapi tetap sesuai dengan syariat Islam kian dibutuhkan.

Rep: Gumanti Awaliyah / Red: Satya Festyiani
Artis Dewi Sandra menggunakan busana karya Barliasmara pada acara Muslim Fashion Festival 2020 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (22/2).(Republika/Putra M. Akbar)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Artis Dewi Sandra menggunakan busana karya Barliasmara pada acara Muslim Fashion Festival 2020 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (22/2).(Republika/Putra M. Akbar)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren busana muslim kian berkembang pesat di Indonesia. Busana muslim juga tidak lagi dipandang kuno dan ketinggalan zaman, karena busana muslim mulai memiliki tempat di hati para pecinta mode. Mode busana muslim yang trendi, anggun tetapi tetap sesuai dengan syariat Islam juga kian dibutuhkan masyarakat muslim. Dibalik semua tren busana tersebut, setiap wanita muslimah juga harus tetap bisa memilih gaya busana yang merepresentasikan karakter dan kepribadian masing-masing.

Blogger Fashion Muslim Qonitah Al Jundiah atau akrab disapa Thatal memiliki cara tersendiri untuk tetap stylish dengan balutan busana yang sesuai syariat. Mode busana yang simpel, dengan memainkan perpaduan warna dan mix match menjadi andalan Thatal. Namun sejatinya bagi alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta itu, kenyamanan adalah yang terpenting. Busana yang sesuai syariat dengan sendirinya akan memberikan kenyamanan.

Baca Juga

"Ketika kita  sudah berbusana sesuai syariat, dada ketutup, pakaian tidak menerawang pasti itu nyaman. Twist-nya tergantung kepada gaya masing-masing. Intinya berpakaian kan kita tenang dan nyaman," kata Thatal saat diwawancarai di acara Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 di JCC Senayan, beberapa waktu lalu.

Sebagai seorang influencer, Thatal tentu berperan untuk memberikan inspirasi fashion hijab kepada para pengikutnya di media sosial. Jika beberapa tahun lalu, ia sering membuat video tutorial berhijab, kini Thatal lebih sering membagikan tentang outfit of the day (OOTD) atau gaya busananya sehari-hari.

"Di sosial media aku sekarang lebih ke berbagi tentang apa yang aku pakai aja sehari-hari, OOTD aku pilih, dan kini orang juga bukan hanya follow aku karena busana saja, namun sekarang udah hampir semua hal ya aku sharing," kata Thatal.

Diwawancarai secara terpisah, selebriti tanah air Risty Tagor juga ternyata tidak jauh berbeda dengam Thatal. Perempuan yang kini konsisten berpakain syar'i tersebut, mengaku selalu mengutamakan kenyamanan saat hendak mengenakan pakaian.

"Yang pasti nyaman as a long time ya. Karena kan kegiatan aku juga lumayan, jadi pakaian yang nyaman itu penting," kata Risty.

Selain nyaman, Risty juga sangat memerhatikan bahan dan potongan busana. Misalnya bahan pakaian yang adem dan tidak panas, potongannya sederhana namun tetap stylish. Risty juga mengaku, lebih senang mengenakan pakaian yang mendukung dirinya tetap aktif bekerja ataupun beraktivitas. 

"Jadi meskipun tren sedang seperti itu tapi kalau aku nyaman dan bajunya menunjang aktivitasku, aku akan tetap memakainya," kata perempuan yang juga memiliki jenama fashion muslim bernama Ristyland.

Meski kini sudah tidak terlalu aktif di dunia hiburan, pengikut Risty di Instagram cukup banyak hingga mencapai 1,8 juta. Melalui platform Instagram, Risty cukup sering berbagi outfit busana kesehariannya atau kala berlibur bersama buah hatinya.

Risty juga masih konsisten mengampanyekan busana syar'i sebagai media untuk mempermudah ibadah terutama shalat. Menurut dia, selama ini cukup banyak wanita muslimah yang melewatkan shalat karena alasan mukena kotor, bau, dan lainnya. Karenanya dengan mengenakan busana syar’i, tidak akan ada lagi alasan tersebut.

"Jadi dengan kita bisa menggunakan baju syar’i dan menggunakan kaos kaki, enggak ada alasan lagi untuk tidak shalat. Kan masih ada yang melewatkan shalat karena mukena bau, mukena kotor. Dan dengan pakaian ini, di manapun kita tetap bisa beribadah," kata Risty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement