Selasa 17 Mar 2020 12:58 WIB

Ini yang Harus Dilakukan Keluarga Saat Social Distance

'Upayakan ruang terpisah dengan anggota keluarga yang lain.'

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Ratna Puspita
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.(Antara/Sigid Kurniawan)
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.(Antara/Sigid Kurniawan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat dan anggota keluarganya melakukan upaya menjaga jarak sosial dan berdiam diri di rumah (social distance) untuk menghindari penularan virus movel corona (Covid-19). Tidak hanya itu, Kemenkes meminta setiap keluarga mengupayakan ruang terpisah bagi setiap anggota keluarganya.

"Upayakan ruang terpisah dengan anggota keluarga yang lain dan jaga jarak dengan orang sehat minimal 1 meter," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto, Selasa (17/3).

Baca Juga

Selain itu, dia melanjutkan, selalu gunakan masker wajah dan ganti setiap hari. Setelah masker dipakai, langsung buang ke tempat sampah tertutup dan cuci tangan dengan benar. 

Selain itu, Yuri meminta masyarakat mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat cukup. "Hindari pemakaian bersama alat makan seperti piring, sendok, garpu, dan gelas. Kemudian cuci alat makan dengan air dan sabun," katanya.

Kemudian, pria yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 itu juga meminta masyarakat menjaga kebersihan rumah dan gunakan cairan disinfektan. Ia menekankan yang tak kalah penting adalah tetap di rumah dan mudah dihubungi. 

Kemudian jika terpaksa harus keluar rumah, ia meminta masyarakat gunakan masker serta hindari kerumunan atau keramaian. "Kemudian hubungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana harian (Plh) Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menambahkan, BNPB juga menyerukan supaya masyarakat menjaga diri dari penyebaran virus itu. Bahkan, dia menambahkan, gugus tugas penanganan Covid-19 telah membuat pesan pendek (SMS) otomatis dikirimkan ke nomor-nomor handphone masyarakat.

"Isinya, agar terhindar dari penyebaran Covid19 : hindari kerumunan serta jarak orang dengan orang dimanapun berada harus lebih dari 1 meter," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement