Selasa 17 Mar 2020 09:05 WIB

Ini Sejarah yang Diukir Keisuke Honda

Honda mencatatkan namanya ke dalam buku sejarah sepak bola dunia

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
Keisuke Honda
Foto: Daily News
Keisuke Honda

REPUBLIKA.CO.ID, SANTOS -- Gelandang veteran Jepang, Keisuke Honda menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima benua. Honda mencatatkan namanya ke dalam buku sejarah sepak bola dunia usai mencetak debut gol bersama klub Liga Brasil, Botafogo ke gawang Bangu dalam Carioca Championship di Estadio Nilton Santos, Senin (16/3) dini hari WIB.

Honda mencetak gol pada menit ke-29 melalui eksekusi penalti. Gol debut Honda sejak bergabung dengan Botafogo pada Januari 2020 itu menambah catatan wilayah benua ke-5 bagi mantan pemain AC Milan dan CSKA Moscow itu.

Adapun lima wilayah benua berbeda yang dimaksud adalah Asia, Eropa, Amerika Utara, Oseania, dan terbaru Amerika Selatan. Honda mencetak gol di Benua Asia bersama Nagoya Grampus Eight.

Di Eropa, pemain kelahiran Osaka itu mencetak gol bersama tiga klub berbeda, yakni VVV-Venlo (Belanda), CSKA Moskwa (Rusia), dan AC Milan (Italia). Di wilayah Amerika Utara, Honda mencatatkan gol ketika membela klub Liga Meksiko, Pachuca, pada periode 2017-2018.

Selanjutnya, gol yang ia catatkan di Oseania adalah ketika membela Melbourne Victory pada 2018-2019. Bersama klub yang bermain di A-League atau kompetisi sepak bola kasta teratas Liga Australia tersebut, Honda mencatatkan delapan gol dari total 24 penampilan.

Selain itu, pemain berusia 33 tahun itu memperoleh 98 penampilan bersama tim nasional Jepang dan mencetak 38 gol. Ia juga permah membela Timnas Jepang pada gelaran Piala Dunia 2010, 2014 dan 2018 serta memenangkan Piala Asia 2011, di mana ia dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement