Selasa 17 Mar 2020 05:45 WIB

Praktik Tasawuf

Tasawuf berasal dari sejumlah kata.

 Dzikir Akbar atau Ratib Seribu (Rateeb Seribee) yang digagas Pimpinan Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Asia Tenggara, Abuya Syekh H. Amran Waly Al-Khalidi, Ahad malam (18/3) (Istimewa)
Foto: Istimewa
Dzikir Akbar atau Ratib Seribu (Rateeb Seribee) yang digagas Pimpinan Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Asia Tenggara, Abuya Syekh H. Amran Waly Al-Khalidi, Ahad malam (18/3) (Istimewa)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain ada beragam mazhab fikih dan pemikiran, di tengah masyarakat Islam juga muncul praktik tasawuf. Kata tasawuf berasal dari sejumlah kata. Sebut saja, misalnya, kata saff yang berarti barisan dalam shalat berjamaah. Ini merujuk pada seorang sufi atau pelaku tasawuf yang selalu memilih saf terdepan dalam shalat berjamaah.

Mereka juga mempunyai iman kuat dan hati bersih. Kata lainnya adalah suffah, bermakna pelana yang digunakan para sahabat Nabi Muhammad yang miskin untuk bantal tidur di atas bangku batu di samping Masjid Nabawi, Madinah. Arti lain dari suffah ini adalah kamar yang disediakan para sahabat dari golongan Muhajirin yang miskin.

Baca Juga

Penghuni suffah disebut sebagai ahl as-suffah. Mereka mempunyai sifat teguh pendirian, takwa, zuhud, dan tekun beribadah. Peneliti tasawuf Abu al-Wafa’ al-Ganimi at-Taftazani melalui karyanya, Madkhal ila at-Tasawuf al-Islami (Pengantar ke Tasawuf Islami), mengungkapkan mengenai karakteristik tasawuf.

Dia menilai, tasawuf mengandung lima ciri umum, yaitu memiliki nilai-nilai moral, pemenuhan fana dalam realitas mutlak, pengetahuan intuitif langsung, timbulnya rasa bahagia karena tercapainya tingkatan-tingkatan spiritual, dan penggunaan simbol-simbol untuk pengungkapan yang biasanya mengandung pengertian harfiah dan tersirat.

Ensiklopedi Islam menjelaskan, benih-benih tasawuf sudah ada pada kehidupan Nabi Muhammad lewat perilaku dan peristiwa dalam hidup beliau. Sebelum diangkat menjadi rasul, selama berhari-hari beliau berkhalwat di Gua Hira, terutama saat Ramadhan, melakukan zikir dan bertafakur untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pengasingan diri Muhammad di Gua Hira ini menjadi acuan utama para sufi melakukan khalwat. Puncak kedekatan Rasul dengan Allah tercapai ketika melakukan perjalanan Isra dan Mi’raj. Ibadah beliau juga merupakan cikal bakal tasawuf. Dia adalah orang yang paling tekun dalam menjalani ibadah. Akhlak beliau pun menjadi acuan para sufi.

Hal lain yang menjadi rujukan para sufi adalah kehidupan empat sahabat Rasulullah, khususnya yang berhubungan dengan keteguhan iman, ketakwaan, kezuhudan, dan budi pekerti mereka. Apalagi para sahabat ini adalah murid langsung Rasulullah, yang meneladani dalam perilaku kehidupan.

Terkait praktik sufi ini, juga ada proses bergulir yang juga merupakan respons atas kondisi sosial yang ada. Saat Bani Umayyah memegang tampuk kekuasaan kekhalifahan Islam, banyak kalangan menilai sikap bermewah-mewahan telah meracuni umat Islam kala itu. Kemudian, ada yang meresponsnya dengan mempraktikkan hidup sederhana.

Sejak saat itu, hidup zuhud menyebar luas. Tokoh tabiin pertama yang menjalani hidup semacam itu adalah Sa’id bin Musayyab. Ia banyak memperoleh pendidika dari mertuanya, Abu Hurairah. Di Kota Basra, Irak, muncul nama Hasan al-Basri. Ia dikenal dengan kezuhudannya. Tokoh lainnya di Basra adalah Malik bin Dinar.

Pada akhir abad ke-2 Hijriah, terjadi peralihan dari fenomena zuhud ke tasawuf mulai tampak. Pada masa ini juga, muncul analisis-analisis singkat tentang kesufian. Salah satu tokoh pada masa itu yang condong pada kajian tasawuf adalah Ibrahim bin Adham di Khurasan. Sosok lainnya, Fudail bin Iyad, asal Khurasan yang meninggal di Makkah.

Di kemudian hari, juga ada Rabiah al-Adawiyah. Pada abad ke-3 dan ke-4 Hijriah, kajian-kajian soal tasawuf bermunculan. Ada dua kecenderungan yang lahir dari kajian tasawuf itu. Pertama, cenderung pada kajian bersifat akhlak yang berdasarkan Alquran dan sunah.

Sedangkan kecenderungan lainnya adalah kajian tasawuf filsafat dan banyak berbaur dengan kajian filsafat metafisika. Pada abad ke-5 Hijriah, kajian tasawuf akhlak lebih dominan. Sufi penting yang muncul pada masa itu, di antaranya adalah Abu Qasim Abdul Karim al-Qusyairi.

Setelah abad ke-5 Hijriah, puncak perkembangan tasawuf pada abad selanjutnya, terutama pada abad ke-6 dan ke-7, berfokus pada Ibnu Arabi yang mengusung konsep Wahdatul Wujud.

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement