Senin 16 Mar 2020 14:34 WIB

Heidi Klum Mulai Lakukan Social Distancing

Heidi Klum melakukan social distancing sambil menunggu hasil tes corona.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Heidi Klum melakukan social distancing sambil menunggu hasil tes corona.
Foto: telegraf
Heidi Klum melakukan social distancing sambil menunggu hasil tes corona.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES — Supermodel Heidi Klum telah melakukan tes kesehatan untuk mengetahui apakah dirinya terjangkit virus corona jenis baru (Covid-19). Ia melakukan pemeriksaan setelah dirinya merasa tidak enak badan dan mulai meninggalkan kegiatan syuting untuk America’s Got Talent pada awal pekan ini.

Sambil menunggu hasil tes kesehatan tersebut, Klum memutuskan untuk berlatih menjaga pembatasan sosial (social distancing), khususnya dengan sang suami, Tom Kaulitz, sebagai upaya mencegah penularan penyakit satu sama lain. ia memperlihatkan caranya dengan mengunggah sebuah video pendek di Instagram.

Baca Juga

Di video itu terlihat Klum dan Kaulitz berciuman secara tidak langsung, yakni dengan dibatasi sebuah pintu kaca. Ia mengatakan bahwa sang suami yang baru kembali dari tur beberpa hari lalu juga merasa sakit, karena itu demi keamanan keduanya harus tinggal terpisah lebih dahulu, hingga hasil tes kesehatan mereka keluar.

“Untuk amannya, kami tinggal terpisah sampai mendapatkan hasil tes kami. Kami tidak ingin menyebarkan kuman dan risiko orang lain menjadi sakit, bahkan untuk satu sama lain,” ujar Klum dalam unggahan tersebut.

Social distancing menjadi salah satu istilah yang opuler sejak wabah virus corona jenis baru menyebar secara global. Arti dari istilah ini sendiri adalah serangkaian tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) atau CDC mendefinisikan social distancing sebagai tetap berada di luar perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak dari orang lain jika memungkinkan. Jarak yang dianjurkan adalah dua meter.

Selama melakukan pembatasan, CDC juga menyarankan agar tidak menggunakan transportasi umum maupun kendaraan milik orang lain. Strategi social distancing berusaha mencegah atau memperlambat penyebaran patogen infeksius, seperti virus. Mengisolasi orang yang terinfeksi, mengarantina orang yang mungkin telah terinfeksi, dan memisahkan orang satu sama lain secara umum.

Pembatasan sosial saat ini dianggap menjadi salah satu langkah paling penting dalam mengendalikan wabah Covid-19. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap jumlah reproduksi virus corona yang akan membuat banyak orang yang terinfeksi apabila tidak melakukan pembatasan sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement