Advertisement

Dompet Dhuafa Luncurkan Aksi Cegah Tangkal Virus Corona

Senin 16 Mar 2020 12:51 WIB

Red: Mohamad Amin Madani

Dompet Dhuafa hadir untuk melayani masyarakat dengan mengikuti protokol WHO.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa (DD), sadar akan panggilan tugas kemanusiaannya sebagai lembaga filantropi Islam, mulai Ahad, 15 Maret 2020 malam meluncurkan aksi CEKAL (Cegah Tangkal) Corona dengan melakukan penyemprotan desinfektan ke tempat-tempat umum, terutama tempat ibadah semua agama. 

“Prioritas pertama yang disemprot adalah masjid dengan tujuan agar orang bisa sholat Subuh berjamaah. Senin pagi dan siang ini, aksi dilanjutkan dengan penyemprotan ke gereja dan wihara. Setelah itu penyemprotan akan dilakukan pada fasilitas transportasi umum seperti MRT, LRT, Transjakarta”, ungkap Parni Hadi, selaku Inisiator, Pembina Yayasan Dompet Dhuafa Republika.

Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Madjidi mengungkapkan, pandemi Covid-19 merupakan bencana nasional. "Dompet Dhuafa hadir untuk melayani masyarakat dengan mengikuti protokol WHO yang ditetapkan," ungkap Nasyith Madjidi.

Ketua Tim Penanganan Covid-19 dr. Yeni Purnamasari, MKM memaparkan DD menyiagakan seluruh rumah sakit dan klinik layanan kesehatan DD di seluruh Indonesia.

"DD nenyiagakan 30 unit ambulan, 8 rumah sakit, 21 klinik dan layanan kesehatan untuk melayani masyarakat, dan merujuk ke rumah sakit yang ditunjuk bila ditemukan indikasi Covid-19," papar Yeni.

Pelaksana tugas aksi ini diemban oleh DMC (Disaster Management Center), didukung oleh Divisi Kesehatan dan para relawan yang bergabung dalam DD Volunteer. Sementara tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melakukan pembersihan dan penyemprotan desinfektan di area publik, sekolah, perkantoran, dan rumah-rumah ibadah: masjid, gereja, vihara, dan rumah ibadah lainnya.

DD mengajak partisipasi masyarakat dan lembaga untuk peduli mengantisipasi pandemi corona dan peduli terhadap penanganan corona dengan mendukung gerakan yang dilakukan Dompet Dhuafa dan lainnya.

DD berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Daerah, BNPB, BPBD, dan rumah sakit rujukan untuk berkoordinasi. DD juga melalukan edukasi kepada masyarakat untuk mengantisipasi penularan wabah corona kepada masyarakat.

“Dompet Dhuafa merespon cepat kasus Covid-19 dengan mendirikan pusat informasi atau Corona Center dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa di nomor 0811 16 17 101. Selain hal itu Dompet Dhuafa menyiapkan unit khusus dan program-program pengendalian kasus Covid-19 dengan melibatkan Rumah Sakit-Rumah Sakit Dompet Dhuafa”, ujar drg. Imam Rulyawan MARS., sebagai Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA