Senin 16 Mar 2020 08:29 WIB

Positif Corona, Pemain Valencia: Saya Salah Langkah

Lima dari pemain dan staf klub dinyatakan positif terkena virus corona.

Ezequiel Garay
Foto: EPA/MARIO CRUZ
Ezequiel Garay

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA — Valencia mengonfirmasi bahwa lima orang dari pemain dan staf klub tersebut dinyatakan positif terkena virus corona, termasuk pemain bertahan asal Argentina Ezequiel Garay, Ahad (15/3) waktu setempat. Pihak Valencia mengatakan, mereka semua yang terdampak "sekarang di rumah, dalam kondisi kesehatan yang baik dan mematuhi langkah-langkah isolasi diri".

Garay, yang akan kehilangan sisa musim kompetisi karena cedera lutut, menjadi pemain pertama dalam La Liga yang dikonfirmasi positif sebelumnya pada hari yang sama.

"Jelas saya salah langkah pada 2020," tulis Garay melalui media sosial. "Saya sudah dites positif virus corona. Saya baik-baik saja dan sekarang hanya mendengarkan otoritas kesehatan. Saat ini dalam isolasi."

Valencia mengonfirmasi lebih banyak kasus tidak lama setelah pengumuman Garay. Valencia CF mengonfirmasi lima kasus positif Covid-19 virus corona telah terdeteksi di antara staf dan pemain tim utama.

"Semua orang ini sekarang berada di rumah, dalam kondisi sehat dan mematuhi langkah-langkah mengisolasi diri."

Valencia bermain tanpa penonton pada Selasa (10/3) dalam Liga Champions melawan Atalanta, tim Seri A yang berbasis di Lombardy. Lombardy merupakan salah satu kawasan terparah akibat virus tersebut di Italia.

Setelah memainkan laga tandang leg pertama di Atalanta pada 19 Februari tanpa larangan terhadap penonton, Valencia menjadi salah satu klub Spanyol pertama yang melakukan tindakan pencegahan.

Klub tersebut mengumumkan pada 28 Februari bahwa mereka akan menangguhkan semua aktivitas nonolahraga dengan tim utama setelah seorang jurnalis yang menghadiri pertandingan pembuka melawan Atalanta dipastikan telah dinyatakan positif.

Semua keterlibatan dengan media sebelum dan sesudah pertandingan berikutnya melawan Real Betis pada 29 Februari dan Alaves pada Jumat dibatalkan. Sementara itum penghormatan kepada mantan pemain klub, David Villa, juga ditiadakan.

La Liga sejak itu menangguhkan semua pertandingan liga selama dua pekan. Sementara itu, klub-klub telah menutup tempat latihan mereka dan memerintahkan pemain untuk berlatih sendiri di rumah.

Seorang pebasket Real Madrid yang tidak disebutkan namanya dinyatakan positif terkena virus corona pada Kamis.

Keraguan serius masih ada tentang apakah musim ini bisa diselesaikan, dengan La Liga dipahami akan lebih diutamakan untuk diperpanjang hingga musim panas. Selain itu, Euro 2020 bisa saja ditunda sampai akhir tahun ini atau 2021.

UEFA akan menyelenggarakan konferensi melalui video (video conference) pada Selasa (17/3), yang akan membahas respons sepak bola terhadap virus corona. Konferensi itu termasuk membahas status Euro 2020, Liga Champions, dan Liga Europa.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement