Ahad 15 Mar 2020 23:17 WIB

Antisipasi Corona, Universitas Widya Mataram Tunda Wisuda

Penundaan wisuda untuk menjamin keselamatan mahasiswa.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Nashih Nashrullah
Penundaan wisuda untuk menjamin keselamatan mahasiswa.Ilustrasi wisuda.
Foto: Dede Lukman Hakim/Republika
Penundaan wisuda untuk menjamin keselamatan mahasiswa.Ilustrasi wisuda.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Rektor Universitas Widya Mataram (UMY) Yogyakarta, Prof Edy Suandi Hamid, memutuskan menunda penyelenggaraan Wisuda Periode ke-56 Semester Ganjil 2019/2020. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Corona.

Dia menilai, kebijakan itu harus diambil sebagai langkah menjamin keselamatan mahasiswa/mahasiswi yang merupakan calon wisudawan/wisudawati dan keluarga. Hal itu dituangkan lewat Surat Edaran Rektor 49/RT-UWM/III/2020. 

Baca Juga

"Kebijakan tersebut juga dilakukan atas permintaan dari Pengurus Harian Yayasan Mataram Yogyakarta," kata Edy, Ahad (15/3). 

Soal kewaspadaan dan pencegahan penyebaran Coronavirus Disease (Covid) 19, Edy menuturkan, UWM akan menerapkan dan membudayakan pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Tentu, sesuai pedoman Kementerian Kesehatan. "Sedangkan, kegiatan belajar mengajar akan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh," ujar Edy.

Edy mengimbau seluruh civitas akademika UWM untuk tetap waspada, tidak panik dan hati-hati dalam merespons perkembangan kondisi yang ada. 

Warek III UWM, Puji Qomariyah, menambahkan sejumlah agenda UWM telah pula dibatalkan. Agenda kemahasiswaan yang dilakukan berbagai unit kegiatan mahasiswa, serta kegiatan malam inaugurasi dan pelepasan calon wisudawan/wisudawati ditunda. “Hal ini sebagai bagian menyikapi kondisi terkini penyebaran virus Corona," kata Puji.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement