Ahad 15 Mar 2020 19:34 WIB

Inggris Berencana Mengisolasi Lansia

Pemerintah Inggris akan mengisolasi warganya yang berusia di atas 70 tahun.

Rep: Kamran Dikarma / Red: Nora Azizah
  Pemerintah Inggris akan mengisolasi warganya yang berusia di atas 70 tahun  (Foto: warga Inggris berjalan Millenium Bridge, London, Inggris)
Foto: AP Photo/Matt Dunham
Pemerintah Inggris akan mengisolasi warganya yang berusia di atas 70 tahun (Foto: warga Inggris berjalan Millenium Bridge, London, Inggris)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pemerintah Inggris sedang merencanakan tindakan isolasi bagi warganya yang berusia di atas 70 tahun. Hal itu dilakukan guna menekan penyebaran dan korban jiwa akibat virus korona tipe baru, Covid-19.

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan tindakan tersebut merupakan permohonan besar bagi lansia dan mereka yang rentan. “Tapi itu untuk perlindungan mereka sendiri,” kata dia saat diwawancara Sky News pada Ahad (15/3), dikutip laman BBC.

Baca Juga

Hancock pun ditanya apakah anjuran itu akan berlaku selama empat bulan seperti yang telah dilaporkan sebelumnya. “Kami akan menetapkannya dengan lebih detail ketika ini waktu adalah waktu yang tepat untuk melakukannya,” ujarnya.

Jika kebijakan itu diterapkan, warga Inggris berusia 70 tahun ke atas akan diminta tetap tinggal di rumah tanpa pengunjung. Kebutuhan logistik dan lainnya akan dipasok rutin serta diletakkan di depan pintu rumah mereka masing-masing.

Pemerintah Inggris telah menghadapi tekanan besar untuk berbuat lebih banyak guna mengatasi wabah Covid-19. Sejauh ini Inggris sudah melaporkan 21 kematian akibat virus tersebut. Semua korban berusia di atas 60 tahun.

Inggris masih menangani 1.140 kasus Covid-19. Sebuah rancangan undang-undang darurat yang memberikan kekuatan sementara untuk pemerintah mengatasi wabah Covid-19 akan diterbitkan pekan depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement