Ahad 15 Mar 2020 14:32 WIB

Langgar Protokol Karantina, Kolombia Usir Empat WNA

Ke empat WNA asal Prancis dan Spanyol tersebut akan dideportasi.

Kolombia mengusir empat warga negara Eropa yang dilaporkan melanggar protokol karantina (Foto: ilustrasi turis)
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Kolombia mengusir empat warga negara Eropa yang dilaporkan melanggar protokol karantina (Foto: ilustrasi turis)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Kolombia mengusir empat warga negara Eropa yang dilaporkan melanggar protokol karantina. Peristiwa ini terjadi beberapa jam setelah pihaknya menutup perbatasan dengan Venezuela.

Berdasarkan keterangan Badan Imigrasi setempat, dua pria dan dua perempuan asal Prancis dan Spanyol akan dideportasi setelah menolak instruksi wajib untuk mengisolasi diri dengan meninggalkan hotel. Mereka disebut mengabaikan peringatan dari staf.

Baca Juga

Kolombia sebelumnya meminta wisatawan dari Prancis, Spanyol, Italia dan China mengisolasi diri mereka selama dua pekan. Karantina diri harus dilakukan setibanya di negara tersebut.

Pada Jumat lalu, Presiden Ivan Duque, mengatakan, Kolombia akan menutup perbatasannya dengan Venezuela mulai Sabtu (14/3) pagi. Sementara kedatangan yang bukan penduduk atau warga negara dan telah tinggal di Eropa atau Asia selama dua pekan terakhir tidak akan diizinkan masuk mulai Senin (16/3).

Keputusan penutupan perbatasan tersebut dikritik oleh Wakil Presiden Venezuela, Delcy Rodriguez. Pada Sabtu lalu ia mengatakan bahwa seluruh kedatangan dari Eropa menuju Venezuela pada Maret wajib menjalani karantina selama 14 hari.

Kolombia sejauh ini melaporkan 22 kasus COVID-19 dan menyatakan darurat kesehatan untuk mengatasi penyakit tersebut. Langkah yang diberlakukan mencakup penundaan pertemuan yang melibatkan lebih dari 500 orang serta melarang masuk kapal pesiar di pelabuhan mereka.

sumber : Reuters/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement